MallGede News Anies Imbau Masyarakat Tak Keluar Jakarta Saat Natal dan Tahun Baru

Anies Imbau Masyarakat Tak Keluar Jakarta Saat Natal dan Tahun Baru

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau agar masyarakat tidak melakukan bepergian ke luar kota saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2021. Imbauan ini dimaksudkan untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 di Ibu Kota.

Kata dia, kasus Covid-19 di Jakarta terdapat kecenderungan peningkatan setelah adanya riwayat bepergian ke luar Ibu Kota saat cuti bersama. Adanya peningkatan tersebut berdasarkan data sejak 7 November 2020.

“Mobilitas penduduk ini akan kami pantau dan dikendalikan agar tak terjadi penularan, baik orang dari luar ke Jakarta maupun sebaliknya, sehingga perlu bagi kita khususnya para keluarga di Jakarta untuk menahan diri tidak melakukan aktivitas liburan ke luar rumah, terlebih keluar dari Jakarta,” kata Anies dalam keterangan tertulis, Senin (21/12/2020).

Baca Juga  Pesan Jokowi ke Kepala Daerah: Jangan Puas Baca Laporan Saja, Cek di Lapangan

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut menjelaskan, berdasarkan data dari Facebook Data for Good, pada tanggal 8 Desember 2020 atau sehari sebelum Pilkada terdapat pergerakan penduduk dari dalam Jadebotabek ke luar kota. Hal tersebut berimplikasi pada pergerakan kembali mereka ke Jabodetabek.

Baca Juga  Indonesia Sumbang Rp7,1 M untuk Bantu Palestina

Lanjut Anies, imbauan tak bepergian ke luar rumah juga didasarkan pada sejumlah klaster yang masih mendominasi kasus Covid-19 di Jakarta, yakni keluarga dan perkantoran.

“Kami mengimbau masing-masing dari kita untuk menahan diri tidak liburan ke luar rumah apalagi ke luar kota. Jangan sampai liburan yang senangnya mungkin hanya sementara malah membuat orang-orang yang kita sayangi berisiko terpapar Covid-19,” ucapnya.

Baca Juga  Kesal Dipalak Rp 50.000, PKL Tusuk Preman Pasar hingga Tewas

Sementara itu, Pemprov DKI Jakarta kembali memperpanjang pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi selama 14 hari ke depan hingga 3 Januari 2021.

Perpanjangan tersebut sebagai langkah antisipasi lonjakan kasus Covid-19 di Ibu Kota saat libur Natal dan Tahun Baru. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, persentase pertambahan total kasus terkonfirmasi positif menunjukkan tren kenaikan selama empat pekan terakhir.

 

Artikel asli liputan6

2 Likes

Author: Admin

Tinggalkan Balasan