Bansos Mulai Disalurkan Lagi Awal Januari 2021, Ini Daftarnya

Pemerintah akan kembali menyalurkan bantuan sosial (bansos) di tahun 2021. Bantuan itu mulai tersalurkan di awal pekan Januari 2021.

“Saya ingin menyampaikan sesuai instruksi Bapak Presiden bahwa minggu pertama bulan Januari sudah diberikan kepada penerima manfaat bantuan, kenapa demikian, karena itu akan membantu perekonomian di daerah supaya tidak turun dengan perputaran,” kata Menteri Sosial Tri Rismaharini usai ratas, Selasa (29/12/2020).

“Kita dengan PT pos akan menyalurkan kurang lebih mulai tanggal 4 Januari, kita berharap 1 minggu bisa itu kelar di seluruh Indonesia tapi memang ada yang khusus seperti di Papua mekanisme berbeda,” sambungnya.

Baca Juga  Indomaret Klaim Selama 30 Tahun Selalu Bayar THR Karyawan

Dia memaparkan untuk penerima sembako atau bantuan sosial non tunai (BPNT) jumlahnya 18,8 juta penerima. Ada pun bantuan sebesar Rp 200 ribu per bulan yang akan diberikan dari Januari sampai Desember.

“Penerima program sembako atau BPNT tahun ini 18,8 juta penerima dan Rp 200 ribu per bulan akan diberikan diberikan Januari sampai dengan Desember,” ujarnya.

Baca Juga  Cara Daftar dan Ganti ke Sertifikat Tanah Elektronik

Kemudian, bantuan sosial tunai untuk tahun 2021 diberikan kepada 10 juta penerima di Indonesia termasuk Jabodetabek.

“Program bantuan sosial tunai itu 2021 penerimanya 10 juta termasuk seluruh Indonesia, termasuk Jabodetabek. Kemudian penyalurnya adalah PT Pos dan untuk indeks bantuan per bulan Rp 300 ribu penerima manfaat dan itu diberikan pemerintah itu Januari-Februari-Maret-April selama 4 bulan, tidak utuh selama satu tahun seperti PKH,” jelasnya.

Baca Juga  Hore! PLN Perpanjang Diskon dan Subsidi Listrik Hingga Maret 2021

Selanjutnya, untuk program keluarga harapan (PKH) akan diberikan pada 10 juta penerima manfaat. Bantuan itu akan disalurkan lewat bank BUMN atau Himbara.

Lebih lanjut, program ini menyasar ibu hamil, anak usia dini hingga penyandang disabilitas.

“Ini akan diberikan selama 3 bulan sekali tahap pertama Januari, tahap kedua April, tahap ketiga Juli dan tahap keempat Oktober,” katanya.

 

Artikel asli detik

2 Likes

Tinggalkan Balasan