Bikin Melongo, Seniman Italia Jual Patung Tak Kasat Mata Seharga Rp 256 Juta

Seorang seniman asal Italia telah berhasil membuat publik tercengang setelah dirinya mengumumkan menjual patung tak kasat mata karyanya.

Sebagai jaminan, sang seniman juga memberikan sertifikat keaslian dari karyanya yang tidak kelihatan itu
Seperti dikutip dari India Times, seniman Italia yang bernama Salvatore Garau dikabarkan telah menjual karyanya yang berupa patung tak kasat mata seharga Rp 256 juta. Uniknya, patung yang diberi nama ‘Io Sono’ atau ‘Saya’ itu telah laku terjual pada bulan lalu kepada seorang pembeli yang tidak disebutkan namanya.

Patung karya seniman 67 tahun itu merupakan ‘immaterial’, artinya patung tersebut sebenarnya tidak memiliki wujud atau tidak ada. Penjualan patung tersebut sendiri diorganisir oleh rumah lelang Italia Art-Rite pada bulan Mei. Awalnya patung tersebut dilelang dengan harga sekitar Rp 99 juta dan Rp 156 juta.

“Kevakuman tidak lebih dari ruang yang penuh energi, dan bahkan jika kita mengosongkannya dan tidak ada yang tersisa, menurut prinsip ketidakpastian Heisenberg, ‘tidak ada’ yang memiliki bobot. Oleh karena itu, ia memiliki energi yang terkondensasi dan berubah menjadi partikel, yaitu menjadi kita,” terang Garau.

Patung tak kasat mata yang dijual oleh Garau itu tentunya menuai beragam kritikan. Namun Garau melakukan pembelaan dengan mengatakan,”Lagipula, bukankah kita membentuk Tuhan yang belum pernah kita lihat?”

“Tidak mungkin kamu menjual bukan apa-apa seharga Rp 256 juta,” komentar salah seorang netizen di akun Instagramnya.

“Meyakinkan seseorang untuk membayarmu Rp 256 juta untuk bukan apa-apa adalah hal yang jenius,” tambah komentar lain.

“Sebuah karya seni tak terlihat untuk berapa harganya?? Ini sangat salah dengan orang-orang yang berjuang begitu banyak saat ini, seperti saya,” tulis komentar lainnya.

Patung Io Sono karya Garau itu bukanlah patung ‘immaterial’ pertama yang dibuatnya. Sebelumnya Garau juga pernah memajang patung immaterial lainnya yang bernama ‘Buddha In Contemplation’ di Piazza della Scala di Milan.

Baca Juga  Pemukul Imam Salat di Masjid Pekanbaru Disebut Risih Dengar Suara Ngaji
0 Likes