Benda-benda yang Harus Kamu Hindari Saat Pandemi Virus Corona.

05 April 2020 - Kategori Blog

Wabah virus corona telah ditetapkan sebagai pandemi oleh World Health Organization (WHO). Ini akan menjadi istilah yang digunakan mulai sekarang.

Apa itu pandemi?

Pandemi merujuk pada penyakit yang menyebar ke banyak orang di beberapa negara dalam waktu yang bersamaan. Jumlah penyebaran virus corona sendiri bertambah signifikan dan berkelanjutan secara global.
Dengan belum ditemukannya vaksin atau cara lain untuk mencegahnya, menahan penyebarannya sangat penting.

Virus ini dimulai dari Wuhan, China lalu menyerbar keseluruh dunia. Tak terkecuali Indonesia yang mulai berdampak pada kehidupan sosial dan ekonomi.

Disaat seperti ini kita sebagai warga negara yang baik, dituntut untuk ikut serta menghentikan pandemi virus ini. Kamu bisa memulai nya dengan menghindari menyentuh benda-benda ini dan tentunya jika menyentuh benda-benda yang umum disentuh manusia ini, kamu disarankan membersihkan tubuhmu dengan desinfektan atau hand sanitizer. Yuk disimak:

  • Menyentuh manusia lain (Salaman/Ciuman/berpelukan), ya memang jadi budaya kita agar setiap bertemu dengan saudara atau teman untuk melakukan salaman. Ditengah pandemi corona ini pemerintah justru melarang hal-hal tersebut dilakukan. Bukan supaya menghilangkan budaya kita ya. Tapi, hal tersebut hanya untuk sementara. Setelah pandemi berakhir budaya tersebut tetap kita jaga kok.
  • Memegang uang tunai (Kertas/Logam), benda yang satu ini memang kebutuhan kita. Tapi berdasarkan penelitian, benda ini sangat rentan menjadi media yang dihinggapi virus. Ada baiknya pada masa pandemi ini hindari terlebih dahulu transaksi dengan tunai. Utamakan penggunaan transaksi cashless. Saat ini, dompet digital sudah menjadi tren dan bisa menjadi alternatif transaksi kamu.
  • Gagang pintu. Setiap hari kamu pasti memegang gagang pintu kan? Gagang pintu rumah, rumah sakit, minimarket dan tempat umum lainnya menjadi tempat yang paling besar untuk virus bermukim. Jadi ada baiknya sediakan hand sanitizer kamu di kantung baju kamu ya. Jadi bisa semprot – semprot setelah sentuh gagang pintu.
  • Handle Kendaraan umum, kendaraan umum seperti bis, angkot tentu memiliki handle tempat berpegang penumpang untuk menghindari benturan saat kendaraan melakukan pengereman. Handle ini ada baiknya kamu semprot dengan hand sanitizer sebelum menggunakannya dan menyemprot tangan mu lagi sesudah menggunakannya juga ya.
  • Memegang alat tulis, ada baiknya kamu menghindari berbagi alat tulis, ada baiknya menggunakan alat tulis sendiri. Jika profesi kamu guru, ada baiknya menggunakan alat tulis khusus buat kamu dan hindari alat tulis yang dipakai banyak orang ya.
  • Berbagi Komputer (Warnet/Rental PC), banyak orang yang menggunakan komputer umum terkadang karena dirumah komputer rusak. Nah, ada baiknya kamu hindari ya, apalagi untuk bermain game. Main gamenya di rumah aja.