Efek Buruk Hobi Begadang, Jerawatan Hingga Obesitas? Masih mau ngelakuinnya?

11 Oktober 2020 - Kategori Blog
Efek Buruk begeadang bisa memicu jerawat

Ilustrasi begadang sumber photo: https://blogs(dot)unimelb(dot)edu(dot)au/

Begadang atau terjaga hingga dini hari merupakan hal lumrah yang dialami oleh orang dewasa, entah itu dituntut oleh pekerjaan atau mengalami insomnia(tidak bisa tidur) waktu dini hari. Dalam istilah lain begadang bisa berarti seseorang yang memiliki jadwal tidur yang tidak teratur atau berantakan.

Begadang tidak masalah jika dilakukan sekali atau dua kali, akan menjadi masalah besar kalau begadang ini dilakukan setiap hari atau menjadi kebiasaan bahkan menjadi hobi.

Dalam jangka pendek biasanya begadang menyebabkan masalah pada wajah yaitu berjerawat, sedangkanĀ  dalam jangka menengah dapat menyebabkan obesitas dan lebih bahaya lagi jika di teruskan menjadi kebiasaan akan memicu diabetes bahkan berefek ke jantung.

Jika kamu memiliki masalah kulit berjerawat sebaiknya kamu menghentikan kebiasaan begadang kamu. Begadang merupakan sumber masalah yang sangat berperan.

Efek Buruk Begadang Pada Kulit Wajah Berjerawat

Efek butuk begadang merupakan salah satu penyebab besar timbulnya jerawat pada wajah. Hal ini menimbulkan kepanikan kepada para pemerhati penampilan.

Selain begadang, penyebab berjerawat yaitu stress dan produksi minyak atau keringat berlebihan.

Kebiasaan begadang dan terganggunya ritme sirkadian yang mengontrol jam biologis tubuh dapat mengganggu keseimbangan hormon. Dampaknya bisa beragam. Termasuk keseimbangan kimia kulit terganggu dan jerawat jadi bermunculan.

“Tidur penting untuk semua sistem tubuh dapat berfungsi dengan optimal,” jelas dokter kulit Judith Hellman, MD, seperti dilansir Sleep(dot)org. Menurut Hellman, begadang dan terganggunya pola tidur bisa memicu pelepasan hormon kortisol. Begitu hormon ini keluar, tubuh bisa mengalami reaksi peradangan, termasuk di kulit. Peradangan ini bisa menyebabkan jerawat, psoriasis, sampai eksim. Selain itu, peningkatan kadar hormon stres di dalam tubuh membuat sistem daya tahan tubuh tidak stabil. Hal itu dapat memperburuk masalah kulit seperti jerawat, psoriasis, dan eksim.

 

Sumber referensi: Kompas

,

 
Konsultasi dengan cs kami