Habib Rizieq Pulang Hari ini, Disambut Ribuan Massa FPI, TNI tak Siapkan Pengamanan Khusus

09 November 2020 - Kategori Blog

Foto Detik

Jadwal kepulangan Habib Rizieq Syihab disebut masih sesuai rencana awal. Habib Rizieq dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Jakarta, hari ini.
“Masih sesuai rencana,” kata Ketua Umum PA 212 Slamet Maarif kepada wartawan, Senin (9/11/2020).

Meski demikian, Slamet belum bisa memperkirakan jumlah massa yang akan menyambut Habib Rizieq. Dia hanya menegaskan bahwa pihaknya tidak mengundang orang buat menyambut Habib Rizieq.

“Belum tahu (berapa orang yang akan menyambut). Kan kita nggak undang umat. Umat yang karena rindu dan kangen, inisiatif sendiri untuk sambut dan jemput,” sebut Slamet.

Slamet kemungkinan juga akan menyambut Habib Rizieq di Bandara Soetta. Tak hanya Slamet, sejumlah petinggi Front Pembela Islam (FPI) kemungkinan juga akan menyambut Rizieq.

“Insyaallah,” ucap Slamet. Dia menjawab pertanyaan, apakah dia, Ketum FPI Sobri Lubis, dan Sekretaris Umum FPI Munarman juga akan menyambut Habib Rizieq di Bandara Soetta.

Seperti diketahui, Habib Rizieq bertolak dari Arab Saudi ke Indonesia menumpangi pesawat Saudia pukul 19.30 waktu setempat. Pesawat yang ditumpangi Habib Rizieq diperkirakan akan mendarat di Bandara Soetta besok 10 November pukul 09.00 WIB.

Massa FPI dan PA 212 Siap Menyambut Habib Rizieq Sihab

Massa dari Persatuan Alumni 212 dan Front Pembela Islam ( FPI) Kabupaten Garut, Jawa Barat, bersiap berangkat ke Jakarta. Mereka akan berangkat ke Jakarta pada Senin (9/11/2020) malam untuk menyambut kedatangan Rizieq Shihab ke Indonesia yang dijadwalkan pada 10 November 2020. “Ada 1.500 orang yang malam ini akan berangkat ke Jakarta untuk menjemput Imam Besar Habib Rizieq Shihab, mereka dikoordinasikan oleh FPI dan PA 212,” kata Zamzam Zomantara selaku koordinator dari alumni PA 212 Garut saat dihubungi, Senin.

Menurut Zamzam, jumlah massa yang terkonfirmasi siap berangkat masih terus bertambah. Saat ini, sudah ada lebih kurang 16 bus besar dan 97 minibus yang telah siap memberangkatkan mereka. Rencananya, menurut Zamzam, mereka akan berkumpul dan berangkat dari Alun-Alun Garut dan berangkat pukul 22.00 WIB. Massa akan dilepas keberangkatannya oleh sesepuh PA 212 Garut.

Rizieq Shihab dipastikan akan pulang ke Tanah Air dari Arab Saudi pada Selasa (10/11/2020). Rizieq menyampaikan kabar tersebut secara langsung lewat akun YouTube Front TV dan melalui keterangan pers resmi FPI. “InsyaAllah saya dan keluarga hari Senin tanggal 9 November 2020 pukul 19.30 waktu Saudi, akan terbang dari Bandara Kota Jeddah dengan pesawat Saudi Airlines, nomor penerbangan SV816. Terbang dari Kota Jeddah menuju Jakarta langsung,” ujar Rizieq yang didampingi para pengurus FPI.

 

TNI tak siapkan Pengamanan Khusus

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq direncanakan tiba di Indonesia dari Arab Saudi besok pagi. TNI mengaku tidak menyiapkan pengamanan khusus terkait kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia itu.
“Pengamanan? Tidak ada. Saya rasa tidak terlalu dibesar-besarkan saya rasa, biasa pulang, pulang begitu saja. Saya yakin umat Islam di Indonesia sudah mengerti apa yang akan dilakukan. Kita akan siaga di tempat saja, tidak ada hal yang signifikan,” kata Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman saat berkunjung ke gedung Transmedia, Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Senin (9/11/2020).

Ia juga mengimbau masyarakat yang ingin menjemput Habib Rizieq ke bandara mematuhi protokol kesehatan penanganan COVID-19. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi klaster baru penyebaran COVID-19 akibat menyambut kedatangan Habib Rizieq.

“Sudah kita sampaikan kepada yang mau jemput, tokoh-tokohnya agar tetap patuhi protokol kesehatan agar tidak jadi klaster-klaster baru, sudah kita sampaikan,” ujarnya.

Ia menegaskan petugas gabungan TNI-Polri yang bersiaga di bandara akan mengingatkan para penjemput Habib Rizieq untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Ya tentunya petugas yang ada di sana, kan di bandara ada petugas baik dari Satpol PP, polisi, maupun TNI akan mengingatkan,” tuturnya.

Seperti diketahui, Habib Rizieq bertolak dari Arab Saudi ke Indonesia menumpangi pesawat Saudia pukul 19.30 waktu setempat. Pesawat yang ditumpangi Habib Rizieq diperkirakan akan mendarat di Bandara Soetta besok, 10 November, pukul 09.00 WIB.

FPI menyebut rencana kepulangan Habib Rizieq Syihab masih sesuai rencana awal. Habib Rizieq dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Jakarta, besok pagi.

“Masih sesuai rencana,” kata Ketua Umum PA 212 Slamet Maarif kepada wartawan, Senin (9/11).

 

 

 

Sumber: https:/regionalkompascom/read/2020/11/09/16435251/massa-fpi-dan-pa-212-garut-siap-berangkat-jemput-rizieq-di-jakarta

https:/newsdetikcom/berita/d-5247259/kepulangan-habib-rizieq-masih-sesuai-jadwal-tiba-di-soetta-0900-wib-besok

https//newsdetikcom/berita/d-5247381/tni-tak-siapkan-pengamanan-khusus-jelang-kepulangan-habib-rizieq-besok