Indonesia Basmi Virus Corona dengan Cara Semprot Jalanan, WHO: Konyol!

07 April 2020 - Kategori Blog

Virus Corona sudah merebak diseluruh dunia dan WHO sebagai organisasi kesehatan dunia menyatakan wabah virus ini sebagai pandemi. Seluruh dunia memiliki beragam cara untuk mengurangi penyebaran virus ini.Dari beragam cara tersebut, salah satu cara yang dinilai oleh WHO cukup aneh dan konyol adalah melakukan penyemprotan di jalanan. WHO menilai virus tidak menular dari tanah (jalanan).

Disiarkan DW News, presenter Phil Gayle bertanya kepada Kepala Jaringan Wabah dan Tanggap Darurat Global WHO, Dale Fisher. Dia meminta pandangan Fisher mengenai penyemprotan jalanan dengan disinfektan yang dilakukan di mana-mana.

“Mungkin itu adalah citra masyarakat yang kita anggap serius, saya tidak tahu. Yang jelas, itu adalah hal yang tidak kami rekomendasikan. Kami tidak percaya orang-orang tertular virus dari permukaan tanah (jalanan -red),” kata Fisher, sebagaimana diunggah DW News di akun YouTube, Kamis (2/4).

Baca juga: Status PDP, Penipu Order Ojol 230 Km ini Ditangkap Polisi Setelah di Usir Warga dari Indekos

Sebenarnya penyemprotan desinfektan dijalanan bukan hanya dilakukan oleh negara Indonesia. Namun, negara Indonesia mengikuti langkah-langkah yang dilakukan oleh negara lain yang terlebih dahulu melakukannya, seperti Turki, Meksiko dan India.

Menurut Fisher,  daripada melakukan penyemprotan desinfektan dijalanan ada baiknya menggalakkan kampanye cuci tangan yang dinilai sangat efektif. Penyemprotan desinfektan jalanan dinilai justru membahayakan kesehatan masyarakat, membuang waktu dan sumber daya.

“Itu adalah sebuah gambaran konyol di banyak negara,” kata Fisher yang juga ahli penyakit menular, Selasa (31/3).

 

src: Detik