Manfaat Kopi yang Harus Kamu Ketahui

12 Oktober 2020 - Kategori Blog
minum kopi

sumber: ecodelightcoffee

Kopi merupakan minuman minuman favorit bagi masyarakat dari dulu hingga sekarang. Berbagai macam bentuk olahan minuman kopi, dari kelas warung kopi biasa sampai yang bertaraf internasional bisa kamu jumpai di pasaran.

Salah satu manfaat yang sudah dikenal umum adalah membantu mata supaya melek dan konsentrasi terjaga. Minuman ini biasanya dikonsumsi sebelum memulai perjalanan jauh, begadang hingga pekerjaan yang memerlukan konsentrasi tinggi. Namun, studi menunjukkan kopi tidak merangsang kreativitas dalam bekerja. Meskipun demikian kopi membantu mengurangi resiko terkena diabetes loh.

Kopi Memperbaiki Mood

Sebuah studi menegaskan manfaat kopi untuk menyokong rasa bahagia seseorang. Para peneliti menemukan, minum kopi akan meningkatkan emosi positif seperti kesenangan, kebaikan dan kasih sayang.

Catatan mereka menunjukkan, tak ada emosi negatif yang terkait dengan konsumsi kopi. Studi di Harvard ini dilakukan terhadap lebih dari 50 ribu perempuan. Penelitian mulanya bertujuan mencari hubungan peningkatan konsumsi kopi berkafein dengan penurunan risiko depresi.

Minum Kopi Dapat Menurunkan Resiko Penyakit Kronis

Dikutip dari The Healthy, minum tiga sampai lima gelas kopi setiap hari bisa menurunkan risiko penyakit kanker, diabetes tipe 2, penyakit parkinson (kerusakan atau kematian sel saraf di bagian otak), demensia (penurunan daya ingat), dan penyakit hati.

Beberapa ahli mengatakan minum kopi sebagai resep panjang umur alami. Namun, perlu diingat jenis kopi yang sehat adalah kopi hitam tanpa krim, susu, dan gula.

Kopi Memiliki Antioksidan Sebagai Pelindung Tubuh

Seduhan dari si biji hitam ini memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi sebagai pelindung kesehatan tubuh. Polifenol yang disebut asam klorogenik disebut terbukti mengurangi peradangan dan memainkan peran penting melindungi tubuh dari penyakit kronis seperti obesitas.

Sebuah studi menemukan bahwa kopi menjadi penyumbang tunggal terhadap total asupan antioksidan. Ini penting karena 65 persen orang dewasa di Amerika Serikat meminum kopi, sementara hanya satu dari 10 orang yang mengonsumsi makanan yang direkomendasikan seperti sayur dan buah.

Karena itu pula dikutip dari Medical Daily, kadang-kadang biji kopi juga dimanfaatkan untuk beberapa produk minuman berenergi.

Kopi Dapat Meningkatkan Performa Olahraga

Kafein alami dalam kopi bisa meningkatkan kinerja fisik, terutama saat olahraga jenis aerobik atau ketahanan. Jumlah kafein yang disarankan untuk meningkatkan performa olahraga adalah 2-6 miligram kafein per kilogram berat badan.Kafein alami dalam kopi bisa meningkatkan kinerja fisik, terutama saat olahraga jenis aerobik atau ketahanan. Jumlah kafein yang disarankan untuk meningkatkan performa olahraga adalah 2-6 miligram kafein per kilogram berat badan.

Meminum Kopi Dapat Memperkuat Daya Ingat

Selain meningkatkan konsentrasi, kopi hitam dipercaya dapat membantu otak untuk tetap aktif, meningkatkan daya memori. menjaga saraf tetap aktif, dan mencegah demensia.

 
Konsultasi dengan cs kami