PSBB artinya. Apa itu PSBB?

06 April 2020 - Kategori Blog

Baru-baru ini ada istilah baru yang sering di beritakan oleh portal berita umum, yaitu PSBB. Apa itu PSBB? PSBB merupakan singkatan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar. Pembatasan tersebut sebagai upaya pemerintah menghadapi pandemi virus corona yang semakin meningkat di Indonesia.

PSBB dikeluarkan langsung oleh menteri kesehatan. Berdasarkan PP No. 21 tahun 2020, PSBB dilakukan selama masa inkubasi terpanjang, yaitu 14 hari. Jika masih terdapat bukti penyebaran berupa adanya kasus baru, dapat diperpanjang dalam masa 14 hari sejak ditemukannya kasus terakhir.

 

Baca Juga: Alat yang wajib kamu bawa berpergian selama pandemi corona

 

PSBB berbeda dengan karantina wilayah (lockdown), Dalam karantina wilayah, masyarakat tidak diperkenankan untuk beraktivitas di luar rumah. Penduduk atau masyarakat berada di rumah, wilayah tertentu kawasan RT, RW, atau kawasan kelurahan, atau satu kabupaten, kota. Sedangkan PSBB merupakan cara pemerintah untuk memperketat imbauan jaga jarak atau yang biasa di sebut social distancing.

Berdasarkan Permenkes Nomor 9 Tahun 2020, pelaksanaan PSBB meliputi:

  • Pembatasan kegiatan di tempat umum
  • Pembatasan moda transportasi
  • Pembatasan kegiatan sosial dan budaya
  • Pembatasan kegiatan keagamaan
  • Peliburan sekolah dan tempat kerja

Jika sebuah daerah ingin menginginkan PSBB maka ada sejumlah kriteria yang harus terpenuhi:

Kriteria pertama adalah jumlah kasus positif dan kematian yang menyebar dan cepat. Lalu keterkaitan epidimologis yang serupa dengan wilayah atau negara terdampak lain yang harus menyertakan data lengkap dengan kurva epidemiologi.

Kriteria lainnya adalah kepala daerah yang mengajukan status PSBB harus menyampaikan informasi mengenai kesiapan daerah tentang aspek ketersediaan kebutuhan hidup dasar rakyat, sarana dan prasarana kesehatan, anggaran dan operasionalisasi jaring pengaman sosial, dan aspek keamanan.

 

src: wartaekonomi. co . id, kompas, tirto