Tips Untuk Orang Tua Ketika Anak Sakit, Wajib Disimpan!

08 Desember 2019 - Kategori Blog

bayi sakitSetiap orang tua pasti tidak ingin anak kesayangannya sakit, meskipun anak kita nakal selalu. Ada rasa kasihan dan iba jika anak tidak beraktivitas secara normal lagi. Rindu rasanya melihat dia ceria lagi. Sejatinya, keceriaan si buah hati adalah kebahagian pada orang tuanya. Berikut penyakit yang biasa diidap oleh anak dan tips mengobatinya tanpa harus ke dokter. Harap di ingat dan disimpan ya…

  • Diare, Jajanan anak kadang tidak bisa dikontrol ketika berada diluar rumah. Penyakit diare pun mulai menyerang anak. Tapi jangan panik dan buru-buru ke dokter. Bunda harus memberi air minum sebanyak-banyaknya untuk menggantikan cairan yang keluar dari tubuh sehingga anak tidak mengalami dehidrasi. Bisa diberikan oralit campuran air, garam dan gula. Daun jambu biji muda juga dipercaya mampu mengatasi diare. Lakukan diet BRATY (banana, rice, applesauce, toast=roti, yogurt)
  • Batuk, suara batuk anak membuat bunda gelisah karena tidak tega melihat si buah hati tersiksa. Untuk mengatasi batuk pada anak bunda bisa memberikan madu dan jeruk nipis, atau bunga belimbing di tambah madu atau kencur yang peras dan diberi madu.
  • Demam, bunda tidak usah buru-buru panik. untuk mengatasi demam pada anak berikan baju tipis, kompres air hangat, balur tubuh dengan bawang merah, berikan madu dan air kelapa muda.
  • Sakit Tenggorokan, Ketika terjadi sakit tenggorokan anak akan cenderung susah makan karena sakit untuk menelan. Untuk anak yang sudah besar, bunda bisa menyuruh untuk berkumur dengan menggunakan air garam hangat, air garam dapat membunuh kuman dan mencegah peradangan. Jika sudah terjadi peradangan meminum air hangat dengan perasan jeruk nipis dan madu adalah solusinya.
  • Sariawan, kebersihan mulut yang kurang terjaga dapat membuat si buah hati sariawan. Solusinya bunda bisa menggunakan daun saga yang di tumbuk dan ditetesi madu lalu ditempelkan pada bagian yang sakit.
  • Pilek dan hidung tersumbat, bunda bisa menyuruh si buah hati menghirup uap air panas yang ditetesi minyak telon/minyak kayu putih. Jagalah ruang kamar agar tetap lembab dengan mematikan AC dan menyiapkan ember yang berisi air panas yang ditetesi minyak telon di sudut kamar. Untuk bayi bisa ditempeli di pelilpisnya pala bubuk yang ditetesi minyak telon.
  • Cacingan, penyakit ini biasanya diderita oleh anak-anak, selain menggunakan obat cacing ternyata bunda bisa menggunakan obat alami yang dapat membunuh cacing, yaitu petai. Petai mengandung belerang dan tannin yang bisa membunuh cacing dan mengeluarkannya ketika anak buang air besar.
  • Bisul, sakit ini sangat menyiksa buah hati bunda terutama mengganggu aktivitasnya. Tahukah bunda? untuk mengatasi bisul pada anak bisa menggunakan daun bayam duri yang digiling dan ditambahkan madu lalu tempelkan pada bisul. Setelah bisul kering oleskan putih telur dan madu untuk menghilangkan bekas bisul sehingga kulit mulus kembali.
  • Luka Lecet, balita memiliki rasa penasaran terhadap beberapa hal. Hal ini kadang bisa mengakibatkan buah hati jadi lecet. Dari terjatuh hingga tersayat pisau, ternyata bunda bisa menggunakan madu. Selain kaya nutrisi, madu murni juga bisa menjadi desinfektan. Oleskan madu pada luka, diamkan beberapa menit lalu ulangi beberapa kali dalam sehari

Referensi dan sumber: bubidan