Untuk Pastikan Vaksin Virus Corona Halal, MUI Terbang ke China

12 Oktober 2020 - Kategori Blog

Makanan dan Minuman yang beredar di tengah masyarakat merupakan kewajiban MUI untuk memastikan kehalal-annya. Tidak terkecuali Obat-obatan, termasuk obat corona dan vaksin corona yang akan di beli di luar negeri. MUI memastikan bahwa vaksin tersebut sudah melewati sertifikasi halal.

Pada Rabu (14/10) Majelis Ulama Indonesia (MUI) bersama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan Bio Farma selaku BUMN yang mendistribusikan vaksin tersebut akan bertolak ke China lusa. Untuk memastikan kehalalan vaksin Corona tersebut.

Pemerintah memastikan distribusi vaksin virus Corona (COVID-19) akan dimulai pada November 2020 mendatang. Vaksin yang akan mulai masuk Indonesia ialah produksi dari Sinovac, G42/Sinopharm, dan CanSino Biologics.

Untuk kehalalan vaksin Corona G42/Sinopharm sendiri akan diambil dari data uji klinis di Uni Emirat Arab (UAE) karena di produksi di negara tersebut. Perlu diketahui, perusahaan asal UAE Group 42 (G42) bekerja sama dengan Sinopharm-China dalam pengembangan vaksin Corona.

Selain vaksin G42/Sinopharm, kehalalan vaksin Sinovac dan CanSino juga sudah dijamin melalui partisipasi MUI dalam proses pengujian data.

 

src: Detik

 
Konsultasi dengan cs kami