MallGede Social Blusukan Lagi di Jakarta, Mensos Risma Ajak Gelandangan Pindah Tempat Tinggal

Blusukan Lagi di Jakarta, Mensos Risma Ajak Gelandangan Pindah Tempat Tinggal

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini kembali blusukan di Jakarta. Risma mengajak masyarakat Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) untuk mau tinggal di penampungan sementara.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima detikcom, lusukan dilakukan Risma pagi ini, Senin (4/1/2021). Dia menyusuri jalur pedestrian Jalan Thamrin di sisi kanan Plaza UOB, Jakarta Pusat.

Saat menyusuri kawasan tersebut, dia pun bertemu dengan 3 orang gelandangan dan mengajaknya ke tempat penampungan. Salah satu gelandangan yang ditemui bernama Fitri. Selain mengaku tak punya rumah, Fitri juga diduga memiliki penyakit kusta.

Baca Juga  Selamat! Kamu Mendapatkan Dana UMKM Rp. 2,4 Juta melalui BRI. Simak Cara Pencairannya!!!

“Ibu mau ikut saya ya. Nanti saya kasih tempat tinggal. Mau ya? Mau? Tapi ibu jangan ke mana-mana. Nanti ada yang jemput,” kata Risma dalam keterangan tertulis, Senin (4/1/2021).

Kemudian, Risma bertemu dengan gelandangan lain, Kastubi. Pria paruh baya berambut putih itu hanya tidur beralaskan kardus.

Baca Juga  Pengamat : Risma Ingin Perkenalkan Diri ke Masyarakat Jakarta dan Indonesia

“Bapak ikut saya ya. Nanti saya kasih tempat tinggal biar bapak tidak kehujanan ya. Nanti ada yang jemput ya, tapi bukan Satpol PP. Tapi bapak jangan ke mana-mana,” kata Risma.

Setelah menawarkan bantuan kepada Kastubi, Risma juga menawarkan bantuan kepada Faisal. Namun setelah mobil petugas datang, hanya Kastubi dan Faisal yang kooperatif menerima penanganan dari Kementerian Sosial.

Baca Juga  Hore! PLN Perpanjang Diskon dan Subsidi Listrik Hingga Maret 2021

Selanjutnya, keduanya akan menerima pendampingan di Balai Rehabilitasi Eks Gelandangan dan Pengemis Pangudi Luhur, Bekasi. Mereka akan mendapatkan penanganan sementara sebelum kemudian dikoordinasikan dengan pemerintah daerah.

Risma menginginkan untuk penanganan terhadap gelandangan, tidak hanya dengan memberikan bantuan atas dasar belas kasihan. Namun perlu diperhatikan juga kemandirian penerima bantuan dalam waktu jangka panjang.

 

Artikel asli detik

2 Likes

Author: Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *