MallGede News Canggih! Transaksi Tol Tanpa Stop Berteknologi GNSS Segera Diterapkan, Ini Cara Pakainya

Canggih! Transaksi Tol Tanpa Stop Berteknologi GNSS Segera Diterapkan, Ini Cara Pakainya

Sistem transaksi tol nontunai nirsentuh tanpa stop berbasis Multilane Free Flow (MLFF) segera diterapkan di Indonesia. MLFF ini berteknologi GNSS (Global Navigation Satelite System) dari Roatex, Ltd, Hungaria.

Dengan teknologi tersebut, transaksi pembayaran jalan tol memungkinkan kendaraan tidak perlu berhenti ketika membayar tarif di gerbang tol.

Baca Juga  Natalius Pigai Akan Dipolisikan Terkait Dugaan Hina Suku Jawa

Solusi teknologi yang akan diterapkan berbasis GNSS ini merupakan teknologi paling mutakhir dalam sistem transaksi nontunai nirsentuh MLFF.

Chief Operating Officer (COO) Roatex, Andras Szabo mengungkapkan, kendaraan nantinya tak perlu lagi berhenti melakukan tap. Dengan kata lain, pengendara bisa membayar tol tanpa setop di gerbang tol.

Baca Juga  160 WNA Asal China Tiba di Bandara Soekarno-Hatta

Sebab, sistem pembayaran di tol akan menggunakan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh berbasis MLFF berteknologi GNSS.

Teknologi ini sangat terbuka bagi pengembangan untuk pelayanan jalan berbayar lainnya, seperti ERP (Electronic Road Payment), trafik manajemen berbasis data induk (Big Data), dynamic pricing, parking, dan lain-lain sesuai perkembangan kebutuhannya.

Baca Juga  PSI Sumbangkan Seluruh Gaji Anggota DPRD Bantu Penanganan Covid-19

“Singkatnya, setiap kendaraan yang lewat tol akan langsung terdeteksi oleh teknologi itu dan otomatis saldo e-wallet pengendara akan dipotong oleh sistem tersebut,” kata Andras di Jakarta, dikutip dari Kontan, Minggu (31/1/2021).

2 Likes

Author: Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *