Cerita Kades di Jember Ditipu Rp 4,7 M Pria yang Berwajah Mirip Mantan Kapolri

Kades Lojejer, Kecamatan Wuluhan M. Sholeh, menjadi korban penipuan pria yang mengaku sebagai keluarga mantan Kapolri Jenderal Purnawirawan Badrodin Haiti.

Sang penipu yang diketahui bernama Fitroni Ramdani (39) menguras uang Sholeh hingga mencapai Rp 4,7 miliar.

“Awalnya dia datang ke kantor desa, sekitar setahun lalu. Dia memperkenalkan diri dengan panggilan Gus Dani. Dia mengaku keluarga Pak Badrodin Haiti mantan Kapolri. Dia menyebut beliau (Badrodin) sebagai kakak,” kata Sholeh mengawali cerita kepada detikcom, Kamis (27/5/2021).

Menurut Sholeh, pertemuan itu berlangsung biasa saja. Hingga suatu saat anaknya yang lulus SMA berkeinginan masuk Akademi Kepolisian (Akpol).

Baca Juga  Viral Pemancing Tolak Ikan Gabus Emasnya Ditawar 1 Motor dan Rp20 Juta

“Lalu saya coba kontak dengan si Dani ini. Saya sampaikan bahwa anak saya ingin masuk Akpol. Mungkin dia bisa bantu, salah satunya bisa dikomunikasikan dengan Pak Badrodin. Dia menyanggupi,” kenang Sholeh.

Sejak itu, Dani intens berkomunikasi dengan Sholeh mengabarkan perkembangan upayanya memasukkan anak Sholeh ke Akpol melalui Badrodin Haiti. Bahkan suatu saat Dani melakukan video call dengan Sholeh dan mengatakan sedang bersama Badrodin Haiti.

Baca Juga  Viralkan Nenek Tawen Kerap Dimaki Anak, TikTokers Ini Minta Maaf

“Waktu video call itu, dia bilang sedang bersama Pak Badrodin. Kemudian HP-nya diserahkan ke orang yang memang wajahnya sama persis dengan Pak Badrodin. Bahkan gaya bicaranya sangat mirip. Sehingga waktu itu saya mengira saya sedang berbicara dengan Pak Badrodin,” ujarnya.

Bahkan untuk lebih meyakinkan Sholeh, Dani kemudian mempertemukan Sholeh dengan pria yang mirip dengan Badrodin Haiti itu. Tempatnya di salah satu hotel di Probolinggo.

“Di sana saya bertemu langsung. Gaya bicaranya benar-benar menunjukkan kualitas seorang pejabat. Santun, bijaksana dan kebapakan. Sangat meyakinkan. Waktu itu saya benar-benar percaya kalau dia adalah Pak Badrodin,” kata Sholeh.

Baca Juga  Viral Netizen Beli Kucing Rp 5 Ribu, yang Datang di Luar Dugaan

Dalam pertemuan itu, pria mirip Badrodin Haiti ini menjanjikan akan membantu anak Sholeh masuk Akpol. Bahkan pria itu juga mengaku sudah berkomunikasi dengan sejumlah pejabat Polri, termasuk Gubernur Akpol.

“Bahkan usai pertemuan itu dia mau waktu saya ajak foto bareng. Kalau memang mau menipu pastinya dia menolak foto bersama. Inilah yang semakin meyakinkan saya,” kata Sholeh.

0 Likes