MallGede Business Darurat! 100 Ribu Buruh di Industri Baja RI Terancam PHK

Darurat! 100 Ribu Buruh di Industri Baja RI Terancam PHK

Baja murah dari China terus membanjiri pasar Indonesia. Hal itu membuat pekerja di industri baja dalam negeri terancam pemutusan hubungan kerja (PHK) karena tempatnya bekerja kalah saing dan terancam gulung tikar.

“Baja impor terutama dari China dijual sangat murah di Indonesia. Jika dibiarkan, industri baja nasional akan bangkrut dan 100 ribu karyawan terancam PHK massal,” kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dalam konferensi pers virtual, Kamis (21/1/2021).

Baca Juga  Heboh Transaksi dengan Dirham, Pendiri Pasar Muamalah Depok Ditangkap!

Said mengatakan hal itu bisa terjadi karena produksi baja dalam negeri terus menurun. Tentu ancaman itu akan membuat 100.000 pekerja merasa was-was karena mereka semakin menderita di tengah pandemi COVID-19.

Baca Juga  Siap-siap Tarif Listrik Naik, Ini Simulasi Tagihan Per Bulan

“Perekonomian semakin terpuruk. Tenaga kerja yang sebagian besar masyarakat menengah ke bawah semakin menjerit. Efek dominonya luar biasa,” kata Said.

Baca Juga  Uang Rp 15 Juta Hancur Dimakan Rayap, Nurhaya: Saya Tabung di Bawah Kasur

Untuk menghindari PHK massal itu, Said berharap agar Kementerian Perdagangan (Kemendag) dalam hal ini Komite Pengamanan Perdagangan Indonesia (KPPI) melanjutkan perlindungan safeguard untuk produk I-H section.

“Safeguard sangat penting guna melindungi produk dalam negeri dari maraknya produk impor murah,” imbuhnya.

1 Likes

Author: Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *