MallGede News Demokrat Sebut Pemerintah Terkesan Tutup Mata Penyebab Banjir

Demokrat Sebut Pemerintah Terkesan Tutup Mata Penyebab Banjir

Anggota Komisi V DPR dari Fraksi Partai Demokrat Irwan mengkritik pernyataan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, yang menyatakan penyebab utama  bencana banjir di Kalimantan Selatan ialah faktor anomali cuaca.
Menurutnya, pernyataan itu mengesankan pemerintah tutup mata dan lepas tangan dari penyebab utama banjir yang hampir merendam semua kabupaten di Kalsel.

Baca Juga  Natalius Pigai Akan Dipolisikan Terkait Dugaan Hina Suku Jawa

“Pernyataan Presiden dan KLHK terkait penyebab banjir Kalsel itu karena hujan adalah pernyataan terburu-buru dan terkesan tutup mata dan lepas tangan dari penyebab utama banjir,” kata Irwan dalam keterangannya, Rabu (20/1).

Baca Juga  Tak Jadi di Lombok, Syekh Ali Jaber Akan Dimakamkan di Tangerang

Dia pun menilai pernyataan tersebut ironis dan menggelitik akal sehat karena sebuah kementerian yang bersifat teknis seperti KLHK hanya bisa menyalahkan cuaca terkait insiden banjir di Kalsel.

Irwan mempertanyakan analisis dan data pemeritntah terhadap sejumlah aspek yang berpotensi menyebabkan banjir di Kalsel.

Baca Juga  Menag Yaqut Klarifikasi soal Perlindungan Ahmadiyah

“Analisis tutupan lahannya bagaimana, analisis aliran permukaan [run off] bagaimana? Lahan kritisnya bagaimana? Kemampuan daerah aliran sungai atau DAS-nya bagaimana? Termasuk juga land use-nya bagaimana? Apakah semua data itu mau diabaikan? Atau memang tidak pernah ada datanya,” katanya.

1 Likes

Author: Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *