Ditangkap Polisi, Ini Deretan Fakta Munarman, Pernah di YLBHI dan Pengagum Abu Bakar Baasyir

Nama Munarman ramai diperbincangkan publik menyusul peristiwa penangkapan dirinya oleh tim Densus 88 Antiteror di rumahnya yang berada di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (27/4/2021).

Ia ditangkap karena dugaan terlibat sejumlah kasus baiat terhadap kelompok teroris ISIS.

“(Munarman ditangkap) terkait dengan kasus baiat di UIN Jakarta, kemudian juga kasus baiat di Makassar, dan mengikuti baiat di Medan. Jadi ada tiga hal tersebut,” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan dalam tayangan KompasTV, Selasa (27/4/2021).

Baca Juga  Menag Yaqut Klarifikasi soal Perlindungan Ahmadiyah

Nama Munarman memang sempat menjadi trending topic di media sosial Twitter, Kamis (4/2/2021). Terutama terkait pengakuan anggota Front Pembela Islam( FPI) yang tertangkap sebagai terduga teroris di Palu. Nah salah satu pelaku yang tertangkap yakni Ahmad Aulia mengaku dibaiat jadi anggota ISIS pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi.

Ironinya terduga teroris tersebut dibaiat sebagai anggota ISIS dengan disaksikan Munarman, pentolan FPI kala itu. Video pengakuan ini pun beredar di Twitter.

“Saya berbaiat dihadiri oleh Munarman selaku pengurus FPI pusat pada saat itu. Ustaz Fauzan dan Ustaz Basri, yang memimpin baiat pada saat itu,” jelas Ahmad Aulia.

Baca Juga  Baghdad Diguncang Dua Bom Bunuh Diri, Hampir 30 Orang Tewas

Nama Munarman yang juga eks Sekretaris Umum DPP FPI pun ikut disebut seorang terduga teroris jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) dari Sulawesi Selatan.

Lantas siapakah sosok Munarman?

Dihimpun KompasTV, Rabu (28/4/2021) dari berbagai sumber, Munarman lahir di Palembang, Sumatera Selatan, 16 September 1968. Ia anak keenam dari sebelas bersaudara. Ayah Munarman adalah pensiunan guru Sekolah Rakyat bernama H. Hamid. Ibunya, Nurjanah.

Baca Juga  Perhatian, Snack Video Tidak Bisa Dibuka Karena Ilegal!

Pada tahun 1996, Munarman menikah dengan Ana Noviana. Keduanya menetap di Palembang. Dari pernikahan dengan Ana Noviana, Munarman dikaruniai tiga anak.

Ada sebuah pernyataan menarik yang disampaikan Munarman terkait citranya yang berubah. Hal itu disampaikan Munarman dalam wawancara bersama Refly Harun.

Munarman menjelaskan awal dirinya hijrah ke forum-forum umat Islam, yang salah satunya adalah kepincut dengan nilai serta sikap para pengajar Islam, termasuk Ustaz Abu Bakar Ba’asyir yang merupakan pemimpin Majelis Mujahidin Indonesia.

2 Likes

Tinggalkan Balasan