Honda dan Yamaha Minggir Dulu, Bajaj Jadi Merek Motor Paling Kaya di Dunia

Penjualan motor Honda atau Yamaha boleh jadi cukup banyak. Namun, dua perusahaan asal Jepang itu kalah dalam hal nilai kapitalisasi pasar. Dalam kategori merek motor paling kaya di dunia, Honda dan Yamaha dikalahkan oleh perusahaan motor asal India, Bajaj Auto.

Bajaj Auto mungkin bukan merek motor asing bagi masyarakat Indonesia. Merek motor ini sempat dijual di dalam negeri yang menjalin kerja sama dengan Kawasaki. Kini, motor Bajaj tak lagi dijual di Indonesia.

Baca Juga  WhatsApp Tak Bisa Lagi Dipakai di HP Ini Mulai 2021

Sekarang, Bajaj Auto dinobatkan sebagai produsen sepeda motor paling kaya. Dalam sebuah pernyataan tertulis, Bajaj Auto merilis bahwa mereka telah menjadi pabrikan sepeda motor pertama yang pernah melewati kapitalisasi pasar RS 1 lakh crore atau perkiraan sekitar US$ 13,6 miliar (Rp 189 triliun).

Artinya Bajaj memiliki nilai total saham beredar tertinggi. Jika dibandingkan dengan pabrikan sepeda motor lainnya, Bajaj jauh lebih unggul dengan pencapaian kapitalisasi pasarnya yang sangat besar.

“Fokus tajam perusahaan pada kategori sepeda motor dan komitmen teguh terhadap strategi diferensiasi serta praktik TPM (Total Productive Maintenance) yang dikombinasikan dengan ambisi global saat ini menjadikan Bajaj sebagai perusahaan roda dua paling berharga di seluruh dunia,” kata Direktur Pelaksana Bajaj Auto Rajiv Bajaj dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga  Honda Luncurkan New Civic Type R

Bajaj Auto melaporkan kenaikan penjualan motor sebesar 11 persen pada Desember 2020. Pada Desember 2020, Bajaj Auto menjual 372.532 unit naik dari 336.055 unit pada Desember 2019.

Bajaj Auto telah memproduksi sepeda motor seperti kacang goreng–saking banyaknya–di fasilitas produksinya di Chakan, Waluj, dan Pantnagar selama beberapa tahun terakhir. Bajaj juga memiliki 47,97 persen saham KTM AG. Hadir di lebih dari 70 pasar di seluruh dunia, perusahaan ini baru-baru ini menembus pasar Thailand, dan sedang berusaha masuk ke Brasil.

Baca Juga  Matahari Buatan Korea Selatan Menyala Lebih Lama, Catat Rekor Dunia Baru

Produksi motor KTM dan Husqvarna juga akan dilakukan di pabrik baru Bajaj Auto. Bajaj pun telah menjalin kerja sama dengan Triumph.

 

 

Artikel asli detik

1 Likes

Tinggalkan Balasan