MallGede Social Ini Dia Pak Dadang yang Kalahkan GothamChess Adu Catur Chess.com

Ini Dia Pak Dadang yang Kalahkan GothamChess Adu Catur Chess.com

Perkenalkan Dadang Subur, bapak-bapak pecatur Indonesia yang mengalahkan Levy Rozman alias GothamChess, master catur internasional dalam laga online.
Pertandingan ini terjadi di situs catur online, chess.com pada 2 Maret 2021. Kemenangan Dadang Subur dengan nama akun Dewa_Kipas, menimbulkan respon negatif dari penggemar GothamChess.

GothamChess ialah sosok master catur internasional sekaligus Youtuber yang memiliki 696 ribu subscribers. Dirinya kerap memberikan tips bermain catur kepada penggemarnya baik di Youtube atau tayangan langsung di Twitch.

Diduga, para penggemar GothamChess melaporkan Dadang Subur yang dicurigai melakukan kecurangan. Alhasil, akun Dewa_Kipas milik Dadang Subur di-banned dari chess.com.

Apakah benar pria berusia 60 tahun ini melakukan kecurangan? Siapakah sosoknya hingga bisa mengalahkan master catur internasional?

Baca Juga  Perjuangan Driver Ojol di Semarang Terobos Banjir Demi Antar Makanan ke Pelanggan

detikINET pun bertanya kepada sang anak Ali Akbar. Menurut Ali, ayahnya tidak melakukan kecurangan sama sekali dan bermain dengan jujur. Klarifikasi juga dilakukan Ali Akbar melalui halaman facebook milikiya.

“Bapak saya itu pemain yang dulunya sering ikut turnamen. Beliau juga sempat menjadi salah satu anggota Percasi dan menjuarai banyak turnamen. Salah satunya mendapat peringkat satu di kejuaraan catur ke-37 kota Singkawang pada 2005,” ujar Ali, Rabu (3/3/2021).

Dadang Subur memulai debut caturnya ketika masih kuliah dan ikut banyak klub catur. Kemudian dirinya memutuskan pensiun setelah pindah ke Jakarta pada 2011.

Baca Juga  Beredar Video Polwan Pasuruan Menjerit Saat Disuntik Vaksin COVID-19

“Tapi itu sudah lama, karena bapak saya sudah pensiun da lama tidak main catur. Jadi hanya main lewat aplikasi smartphone,” tambahnya.

ELO rating 2.300 yang didapatkan Dadang Subur, menurut Ali memang murni dari hasil kerja cerdas dirinya memainkan catur di chess.com. Sebanyak 332 pertandingan sudah ia jalani. Ali Akbar juga mengonfrmasi, ayahnya baru bergabung main catur online sejak 12 Februari lalu.

“Sebagaimana halnya video game yang semuanya harus dimulai dari level 1, bapak saya pun harus mulai dari ELO 800 (peringkat terendah dalam chess.com). Namun, ELO bapak saya saat turnamen offline dulu tentu saja jauh melebihi itu (sekitar 2.500),” kata Ali.

Baca Juga  Menag Yaqut Luncurkan Gerakan Wakaf Uang

Selama tiga minggu ayahnya sudah memenangkan 232 pertandingan, 90 kali kalah dan 10 kali remis. Hingga akhirnya, Dadang Subur berhasil mencapai ELO 2.300 dari ELO awal yang diberikan chess.com yakni 800 saja.

Setelah dikonfirmasi, belum ada rencana untuk melakukan rematch. Ali Akbar hanya berharap akun bapaknya Dewa_Kipas dibuka kembali.

“Untuk rematch belum ada rencana, karena pihak GothamChess juga belum berkomentar apa-apa. Saya tidak mengharapkan rematch. Hanya minta dibuka untuk blokirnya,” pungkasnya.

Artikel asli detik

1 Likes

Author: Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *