Iwan Fals Sindir Banyaknya Sarjana Baru yang Nganggur karena Gengsi

Iwan Fals kembali mengungkapkan pendapatnya mengenai situasi dalam negeri. Kali ini ia menyoroti mengenai banyaknya pengangguran di Indonesia.
Menurut pria yang akrab disapa Bang Iwan itu banyak muda-mudi di Indonesia yang sebenarnya menjadi lulusan dengan nilai baik.

Sayangnya, ada gengsi membuat mereka belum memiliki pekerjaan. Ia mengungkapkan banyak anak muda yang cuma ingin bekerja di bidang yang disukainya saja.

Iwan Fals juga menilai besarnya tingkat kelulusan tidak sebanding dengan kesempatan kerja yang dibuka.

Baca Juga  Mbak You Ramal Tahun Ini Rusuh, Deddy Corbuzier: Anda Bohong dan Berbahaya

Belum lagi, pria 59 tahun itu juga menyebut pandemi menjadi salah satu faktor tingginya angka pengangguran. Ia mengatakan banyak perusahaan gulung tikar sehingga makin menyulitkan lulusan baru.

“Sarjana-sarjana baru yang muda ini gengsinya gede. Dia lulus cuma pengen kerja di bidang yang dia kuasai saja,” ujar Iwan Fals dikutip dari YouTube Iwan Fals Musica.

“Tapi, ya nggak semua sarjana begitu. Ada juga sarjana yang mau kerja apa aja serabutan, tapi itu nggak banyak. Umumnya gengsi sehingga menganggur,” kata Iwan Fals lagi.

Baca Juga  Ciri-ciri Kecanduan Ganja, Narkoba yang Bikin Anji Ditangkap Polisi

Iwan Fals juga menuturkan jika lulusan baru tersebut pada akhirnya kalah dengan para senior mereka yang juga mencari pekerjaan.

“Imbang lah (kemampuan) komunikasi dan ilmunya (praktek) sejalan, satu kata dan satu perbuatan,” kata Iwan Fals.

Pada kesempatan itu, Iwan Fals kemudian membagikan lagu Sarjana Muda. Setelah itu, ia kembali bercerita mengenai pengalaman pribadinya yang tidak menyelesaikan kuliah.

Iwan Fals pun meminta maaf kepada ibundanya atas hal tersebut.

Baca Juga  Mahar Fantastis Pernikahan Ustaz Abdul Somad dan Fatimah Az Zahra

“Permintaan maaf saya sama ibu saya. Beliau sangat ingin saya menjadi sarjana. Nantilah pelan-pelan kalau waktu senggang,” ungkap Iwan Fals.

Sebenarnya, Iwan Fals mengaku dirinya sangat ingin kembali mengenyam pendidikan. Menurutnya usia tidak bisa menghalangi seseorang untuk belajar.

“Saya masih ada keinginan untuk sekolah sebenarnya,” Iwan Fals sedikit tertawa.

“Kan nggak ada batasan umur sekolah, apalagi sekarang ada kuliah terbuka di internet,” tutupnya

 

Artikel asli detik

 

 

 

1 Likes

Tinggalkan Balasan