Jenis-jenis Babi yang Ada di Indonesia: Babi Kutil hingga Babi Berjenggot

Dalam beberapa pekan ini, masyarakat dihebohkan dengan adanya isu babi ngepet di Depok, Jawa Barat. Rupanya, isu babi ngepet hanya rekayasa.
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui akun Twitter resminya menyampaikan ada sejumlah jenis babi endemik di Indonesia. Ada enam jenis babi endemik Indonesia yang disampaikan KLHK.

“Halo #SobatHijau, sudah tahu belum jenis-jenis babi di Indonesia? Ternyata Indonesia punya loh jenis babi yang endemik. Satwa yang hanya ada di nusantara ini dikategorikan sebagai satwa langka dan statusnya Rentan (Vulnerable/VU) ditetapkan oleh IUCN,” tulis KLHK seperti dilihat detikcom, Rabu (5/5/2021).

Berikut daftar jenis babi endemik Indonesia, ada yang namanya Babi Jenggot:

Baca Juga  Kisah Suyamto, Kepala Desa di Klaten yang Bagikan Padi Gratis pada Warga: Saya yang Tanam Warga yang Panen, Silakan Ambil

1. Babi Rusa (Babyrousa)
Babi tersebut merupakan satwa khas Sulawesi. Babi ini masuk dalam kategori hewan dilindungi undang-undang Permen LHK nomor P.106/2018.

2. Babi Rusa Togean (Babyrousa togeanensis)
Hewan ini masuk dalam jenis babi terbesar dalam spesiesnya. babi Rusa Togean merupakan hewan endemik Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah.

Baca Juga  Gubernur Khofifah dan Gus Ipul Borong Bipang Pasuruan

Ciri jantan Babi Rusa Togean memiliki dua taring besar menembus kulit moncongnya. Ukuran taringnya dapat mencapai 30 centimeter.

3. Babi Rusa Buru (Babyrousa babyrussa)
Babi Rusa Buru ini hewan endemik dari Pulau Buru, Mangoli, Taliabu di Kepulauan Mauluku. Babi Rusa Buru jantan memiliki ciri khas taring di rahang atas berukuran pendek dan ramping, bersilang dengan taring rahang bawah di sisi mulu.

Status babi ini dikategorikan sebagai hewan rentan oleh Vulnerable/VU.

4. Babi Berjenggot (Sus barbatus)
Babi dengan nama unik aktif di malam hari. Makanan Babi Berjenggot ini berupa buah-buahan dan biji-bijian, akar-akaran serta tumbuhan lain. Babi ini juga memakan hewan kecil seperti cacing tanah, serangga dan sejenisnya.

Baca Juga  Muslim Uighur Diduga Dipaksa Makan Daging Babi Setiap Jumat

5. Babi Kutil (Sus verrucosus)
Babi Kutil ini merupakan hewan endemik Pulau Bawean. Ciri khas babi ini terdapat tiga pasang tonjolan daging yang mengeras seperti kutil seukuran buah anggur.

Babi kutil ini masuk dalam katrgori endangered atau terancam pada IUCN redlist.

6. Babi Sulawesi (Sus celebensis)
Babi Sulawesi atau celebes warty pig terdapat di Sulawesu, Flores, Nias dan Pulau Seram. Babi ini memiliki ciri pendek, warna abu-abu kehitaman. Babib ini memiliki kutil di wajahnya.

1 Likes

Tinggalkan Balasan