MallGede Business Kantongi Rp 870 T, Bos TikTok Masuk Geng Orang Terkaya Dunia

Kantongi Rp 870 T, Bos TikTok Masuk Geng Orang Terkaya Dunia

Pendiri TikTok, Zhang Yiming bergabung ke dalam geng orang terkaya di dunia. Dia mengantongi kekayaan sebesar US$ 60 miliar atau setara Rp 870 triliun (kurs Rp 14.500).

Dia kini berada di jajaran orang terkaya dunia bersama rekan Tiongkok lainnya, yaitu pendiri Tencent Ma Huateng dan raja air minum kemasan Zhong Shanshan.

Meskipun ada kendala, Zhang Yiming lewat bendera perusahaan ByteDance terus berkembang. Salah satu kendala yang sempat dialaminya adalah ketika Donald Trump saat menjabat Presiden Amerika Serikat (AS) menjegal TikTok.

Baca Juga  Viral! Curhat Nasabah Dapat Uang Nyasar Rp 60 Juta

Zhang yang memiliki sekitar seperempat ByteDance diperkirakan memiliki kekayaan lebih dari US$ 60 miliar, dari total valuasi ByteDance yang diperkirakan mencapai US$ 250 miliar.

“Zhang adalah seseorang yang dikenal karena berpikir jangka panjang dan tidak mudah dibujuk oleh kemunduran jangka pendek,” kata Ma Rui, partner di perusahaan modal ventura Synaptic Ventures dilansir detikcom dari Business Times, Kamis (15/4/2021).

Baca Juga  Pemprov Pamer Jakarta Keluar dari 10 Kota Termacet di Dunia

“Dia siap membangun bisnis global yang langgeng,” sambungnya.

Namun, saat ini adalah waktu yang sulit untuk menjadi kaya di China. Sebab, pemerintah China berusaha mengendalikan perusahaan paling kuat di negara itu.

Meskipun ByteDance belum dipilih sebagai target, dominasinya di media sosial adalah area sensitif yang sedang diperhatikan pemerintah.

Baca Juga  BNI Tutup 96 Outlet karena Orang Makin Jarang ke Bank, Ini Buktinya

Dengan TikTok menghadapi pengawasan di AS dan India, Zhang telah berupaya lebih keras dalam bisnis ByteDance yang baru lahir dan berkembang pesat di China, mulai dari game, pendidikan hingga e-commerce. Berdasarkan bocoran, itu membantunya meningkatkan penjualan menjadi sekitar US$ 35 miliar tahun lalu dan laba operasi menjadi US$ 7 miliar.

Artikel asli detik

2 Likes

Author: Admin

Tinggalkan Balasan