MallGede News Kejiwaan Diperiksa, Pasukan Setan TNI Siap Tembus Sarang OPM Papua

Kejiwaan Diperiksa, Pasukan Setan TNI Siap Tembus Sarang OPM Papua

Proses pengerahan pasukan tempur Tentara Nasional Indonesia (TNI) Batalyon Infanteri 315/Garuda dari Komando Daerah Militer III/Siliwangi ternyata sudah semakin mendekati kenyataan.

Sebab, kabar terbaru yang didapatkan VIVA Militer, Kamis 14 Januari 2021, prajurit TNI AD yang bermarkas di Gunung Batu, Kota Bogor, Jawa Barat tersebut, sudah memasuki tahap pemeriksaan kesehatan jiwa.

Dalam siaran resmi Yonif 315/Garuda disebutkan pemeriksaan kesehatan jiwa sudah tuntas dilaksanakan. Ada sebanyak 450 prajurit TNI yang mengikuti proses pemeriksaan jiwa tersebut.

Menurut Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan Jiwa dari Kesdam III/Siliwangi, Mayor Ckm Dana, pemeriksaan jiwa ini sangat penting karena merupakan rangkaian program komando atas yang diterapkan kepada prajurit TNI yang akan terlibat dalam Operasi Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan).

Baca Juga  Pemerintah Minta Masyarakat Lapor jika Atribut FPI Masih Digunakan

Sementara itu menurut Komandan Yonif 315/Garuda, Mayor Infanteri Aryo Priyoutomo, dengan pemeriksaan kejiwaaan dapat dilihat kesiapsiagaan prajurit dalam melaksanakan tugas.

“Pemeriksaan Kesehatan Jiwa ini dapat terlihat mental dan jiwa prajurit yang berani pantang menyerah dalam situasi dan kondisi apapun,” kata Mayor Aryo.

Baca Juga  Joe Biden Akan Tetap Akui Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel

Perlu diketahui, dalam penugasan kali ini, TNI akan berencana mengerahkan batalyon berjuluk Pasukan Setan ini untuk masuk ke salah satu wilayah paling rawan di Papua. Prajurit Yonif 315/Garuda akan dikirim untuk menjaga keamanan di Timika, daerah yang dikenal sebagai sarang kelompok separatis bersenjata OPM Papua.

Yonif 315/Garuda merupakan batalyon yang memiliki rekam jejak luar biasa. Batalyon ini merupakan pasukan penumpas RMS, DI/TII, PKI, GPK Timur-timur, dan GAM Aceh.

Dahulunya Yonif 315/Garuda sangat terkenal di tanah air, yaitu ketika masih bernama Pasukan Setan. Pasukan Setan TNI merupakan nama dari satu kompi prajurit bersenjata yang muncul di wilayah Cirebon, Jawa Barat, dua tahun setelah kemerdekaan RI, tepatnya 20 Agustus 1947.

Baca Juga  Munarman Klaim Kedubes Jerman Datangi FPI, Berduka soal 6 Laskar Tewas

Seiring berjalan waktu, jumlah personel Pasukan Setan terus bertambah, yang terbanyak datang dari satu kompi pasukan yang berasal dari Banten. Sejak saat itulah Pasukan Setan berganti nama kesatuan menjadi Yon atau disingkat Y Brigade IV Divisi VI/Siliwangi. Dan terbaru berganti nama menjadi Yonif 315/Garuda.

 

Artikel asli viva

 

 

 

 

2 Likes

Author: Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *