MallGede News Kemensos Ungkap Tujuan Risma Rajin Blusukan di Jakarta

Kemensos Ungkap Tujuan Risma Rajin Blusukan di Jakarta

Kepala Bagian Publikasi dan Pemberitaan Kementerian Sosial (Kemensos), Herman Kuswara, mengungkapkan alasan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini rajin blusukan di Jakarta. Menurutnya, Risma ingin melakukan pemetaan permasalahan sosial.

“Yang pertama ingin melakukan pemetaan permasalahan-permasalahan sosial yang aktual dan faktual. Sehingga ibu istilahnya dengan blusukan, melihat beberapa titik itu sebetulnya ingin memotret sejauh mana permasalahan-permasalahan sosial yang ada dan berkembang saat ini, yang memiliki urgensi untuk segera ditangani kan itu,” kata Herman Kuswara saat dihubungi detikcom, Senin (4/1/2021).

Herman mengungkapkan, Mensos Risma ingin melihat secara langsung kondisi di lapangan. Dia juga menyebut blusukan yang dilakukan guna menganalisis kebijakan berdasarkan fakta.

Baca Juga  Selamat! Kamu Mendapatkan Dana UMKM Rp. 2,4 Juta melalui BRI. Simak Cara Pencairannya!!!

“Tentunya Bu Menteri ini ingin melihat secara langsung, sehingga melihat secara langsung paling tidak istilahnya dalam melakukan analisis kebijakannya betul-betul berdasarkan fakta dan kondisi di lapangan yang sesungguhnya gitu,” ujar Herman.

Lanjut Herman, penanganan permasalahan-permasalahan sosial merupakan tugas dari Kemensos. Ke depannya, Kemensos akan membuat model penanganan permasalahan sosial yang mudah untuk dilaksanakan.

“Karena memang tugas Kementerian Sosial kan nantinya ke depan ya memang harus segera membuat model-model penanganan permasalahan-permasalahan sosial yang istilahnya yang lebih secara komprehensif, lebih mudah dilaksanakan gitu,” ungkap Herman.

Baca Juga  Saksi Kunci Kasus Suap Edhy Prabowo Meninggal Dunia

Herman menjelaskan, blusukan yang dilakukan Risma di daerah Jakarta akan menjadi acuan untuk kerangka model penanganan permasalahan sosial di seluruh Indonesia.

“Karena mungkin ibu sekarang istilahnya diawal ibu masuk, ibu pengen istilahnya melihat bagaimana istilahnya kerangka model yang kemudian bisa direplikasikan untuk semua daerah di seluruh Indonesia, seperti itu,” pungkas Herman.

Sebelumnya, Risma kembali blusukan di Jakarta. Risma mengajak masyarakat Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) untuk mau tinggal di penampungan sementara.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima detikcom, blusukan dilakukan Risma pagi ini, Senin (4/1/2021). Dia menyusuri jalur pedestrian Jalan Thamrin di sisi kanan Plaza UOB, Jakarta Pusat.

Baca Juga  Anak Sekolah Kini Dapat BLT Senilai Total Rp 4,4 Juta, Berikut Rincian dan Syarat Mencairkannya

Saat menyusuri kawasan tersebut, dia pun bertemu dengan 3 orang gelandangan dan mengajaknya ke tempat penampungan. Namun setelah mobil petugas datang, hanya Kastubi dan Faisal yang kooperatif menerima penanganan dari Kementerian Sosial.

Selanjutnya, keduanya akan menerima pendampingan di Balai Rehabilitasi Eks Gelandangan dan Pengemis Pangudi Luhur, Bekasi. Mereka akan mendapatkan penanganan sementara sebelum kemudian dikoordinasikan dengan pemerintah daerah.

 

 

Artikel asli detik

3 Likes

Author: Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *