MallGede News KPAI: Siswi Dipaksa Berjilbab di Padang Pelanggaran HAM

KPAI: Siswi Dipaksa Berjilbab di Padang Pelanggaran HAM

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti menyebut kasus intoleransi yang terjadi di SMKN 2 Padang, Sumatera Barat, termasuk pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

Dia menegaskan bahwa peserta didik tidak boleh dipaksa mencopot maupun mengenakan maupun jilbab seperti yang dialami siswi nonmuslim di SMKN 2 Padang.

Baca Juga  Pengurus FPI Dirikan Front Persatuan Islam, Tak Didaftarkan ke Pemerintah

“Aturan sekolah seharusnya berprinsip pada penghormatan terhadap HAM dan menjunjung nilai-nilai kebangsaan, apalagi di sekolah negeri. Melarang peserta didik berjilbab jelas melanggar HAM, namun memaksa peserta didik berjilbab juga melanggar HAM,” kata Retno lewat siaran pers, Sabtu (23/1).

Baca Juga  Hukuman Berakhir, Abu Bakar Baasyir Bebas Murni Jumat Pekan Ini

Retno juga menyebut tindakan itu melanggar prinsip keberagaman di tanah air.

Padahal dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 45 tahun 2014 tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah sudah jelas diatur bahwa tidak ada kewajiban model pakaian kekhususan agama tertentu menjadi pakaian seragam sekolah.

Baca Juga  MRS Persilakan Pemerintah Ambil Pesantren Megamendung, Tapi Bayar Dulu

KPAI, kata Retno, mendesak agar Kemendikbud melakukan sosialisasi peraturan itu terhadap para tenaga pendidik di seluruh penjuru tanah air.

1 Likes

Author: Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *