MallGede Travel Mantap! Di India Biaya Kuliah Cuma Rp 30 Ribu Satu Semester

Mantap! Di India Biaya Kuliah Cuma Rp 30 Ribu Satu Semester

India memiliki tradisi akademis yang sangat baik. Tak heran karena negara ini mewarisinya dari Inggris yang pernah menjajah negeri itu selama sekitar 200 tahun. Hingga saat ini siapapun yang memimpin roda pemerintahan di India akan memberikan subsidi dana pendidikan yang sangat besar ke kampus-kampus di sana.

Baca Juga  Tanah Longsor Hantam Kuburan, Ratusan Jasad dan Peti Mati Jatuh ke Laut

“Di India itu kualitas pendidikannya sama dengan standar Eropa (Inggris) tapi biayanya super murah,” kata Mohd Agoes Aufiya, mahasiswa di Jawaharlal Nehru University (JNU) dalam tayangan Blak-blakan detikcom, Selasa (27/4/2021).

Ia yang tengah menyusun disertasi doktoral di jurusan hubungan internasional mengaku cuma mengeluarkan biaya US $ 100 atau sekitar Rp 1,4 juta per semester. Karena sangat murah, lelaki asal Martapura, Kalimantan Selatan itu pun membiaya sendiri kuliahnya dan memboyong isteri dan kedua anaknya di New Delhi. “JNU itu salah satu kampus favorit di India, ya seperti UI lah,” ujarnya bangga.

Baca Juga  Cerita Paulus Lolos dari Kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182 gara-gara Harga Tes Swab Mahal

Biaya kuliah super murah itu jadi semakin murah untuk warga India sendiri. Per semester, kata Agoes, Cuma 150 rupee atau Rp 30 ribu. Untuk biaya tinggal di asrama per semester pun cuma 2.500 rupee atau sekitar Rp 500 ribu.

Baca Juga  Kakak Ipar Kenang Kapten Afwan: 35 Tahun Jadi Pilot, Insyaallah Orang Saleh
1 Likes

Author: Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *