MallGede Travel Mantap! Di India Biaya Kuliah Cuma Rp 30 Ribu Satu Semester

Mantap! Di India Biaya Kuliah Cuma Rp 30 Ribu Satu Semester

India memiliki tradisi akademis yang sangat baik. Tak heran karena negara ini mewarisinya dari Inggris yang pernah menjajah negeri itu selama sekitar 200 tahun. Hingga saat ini siapapun yang memimpin roda pemerintahan di India akan memberikan subsidi dana pendidikan yang sangat besar ke kampus-kampus di sana.

“Di India itu kualitas pendidikannya sama dengan standar Eropa (Inggris) tapi biayanya super murah,” kata Mohd Agoes Aufiya, mahasiswa di Jawaharlal Nehru University (JNU) dalam tayangan Blak-blakan detikcom, Selasa (27/4/2021).

Ia yang tengah menyusun disertasi doktoral di jurusan hubungan internasional mengaku cuma mengeluarkan biaya US $ 100 atau sekitar Rp 1,4 juta per semester. Karena sangat murah, lelaki asal Martapura, Kalimantan Selatan itu pun membiaya sendiri kuliahnya dan memboyong isteri dan kedua anaknya di New Delhi. “JNU itu salah satu kampus favorit di India, ya seperti UI lah,” ujarnya bangga.

Baca Juga  Satu Keluarga Selamat dari Musibah Sriwijaya Air SJ 182, Ini Sebabnya

Biaya kuliah super murah itu jadi semakin murah untuk warga India sendiri. Per semester, kata Agoes, Cuma 150 rupee atau Rp 30 ribu. Untuk biaya tinggal di asrama per semester pun cuma 2.500 rupee atau sekitar Rp 500 ribu.

Baca Juga  Dirut Sriwijaya Air Sebut Pesawat SJ182 dalam Kondisi Sehat Sebelum Jatuh

“Itu sudah termasuk listrik, air dan lain-lain. Untuk biaya makannya sehari tiga kali per bulan hanya 2.000 rupee atau Rp 400 ribu,” terang Agoes yang menyelesaikan S-1 HI di UMY, Yogyakarta.

Hal sama dikatakan Ahmad Mujtaba yang kuliah S1 di Mumbai University. Pria asal Madura ini lebih memilih menerima beasiswa di India dibanding Turki dengan alasan yang sama. Dia belajar di India melalui program beasiswa, Indian Council for Cultural Relations (ICCR) pada 2019.

Baca Juga  Jangan Main-main, Nekat Mudik Lebaran Bisa Kena Denda Rp 100 Juta

Dia memilih India selain karena terinspirasi salah seorang kiai yang dikaguminya, juga kegemarannya dengan film-film Bollywood. “Saya mahasiswa Indonesia pertama di Mumbai. Saat pertama tiba ya diinterogasi macam-macam sama pejabat KJRI, saya merasa seperti teroris,” ujarnya diiringi tawa.

Berbeda dengan kota-kota lain di India, biaya hidup di Mumbai tergolong lebih mahal. Di kota berpenduduk lebih dari 100 juta jiwa yang dijuluki “City of Dream” itu juga dikenal dengan ketimpangan sosial yang mencolok. Di kota itu banyak selebritas Bollywood bermukim.

1 Likes

Author: Admin

Tinggalkan Balasan