MallGede Health Miris Nasib Pasien Corona Meninggal di Taksi Usai Ditolak RS Sana-sini

Miris Nasib Pasien Corona Meninggal di Taksi Usai Ditolak RS Sana-sini

Malang nian nasib seorang pasien positif virus Corona (COVID-19) di Depok, Jawa Barat. Ia dikabarkan meninggal dunia di dalam taksi online setelah ditolak 10 rumah sakit rujukan COVID-19.

Kabar miris itu awalnya disampaikan LaporCovid-19 dan Center for Indonesia’s Strategi Development Initiatives (CISDI) melalui siaran pers yang diterima detikcom, Senin (18/1/2021). Dalam keterangannya, tim LaporCovid-19 dan CISDI menerima laporan tersebut pada 3 Januari lalu.

Baca Juga  Ribka Tjiptaning, Orang Pertama Menolak Vaksin di Indonesia

“Salah seorang keluarga pasien di Depok melaporkan, pada 3 Januari 2021, anggota keluarganya meninggal di taksi daring setelah ditolak di 10 rumah sakit rujukan COVID-19,” tulis siaran pers tersebut.

Baca Juga  Duduk di Luar Rumah Cari Udara Segar, Kakek Ini Didenda Rp 17 Juta

LaporCovid-19 dan CISDI juga menerima 23 laporan kasus pasien yang ditolak rumah sakit rujukan sejak akhir Desember 2020 sampai awal Januari 2021. Akibatnya, pasien COVID-19 ada yang meninggal dalam perjalanan atau di rumah.

Laporan tersebut berasal dari wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Kondisi tersebut sudah sebagai tanda-tanda robohnya layanan kesehatan.

Baca Juga  Menkes: Butuh 3,5 Tahun untuk Vaksinasi Covid-19 Semua Warga

Tak hanya itu, LaporCovid-19 dan CISDI juga mengaku menemukan fakta di lapangan mengenai sejumlah fasilitas kesehatan tidak berjalan baik. Misalnya, mengenai sistem informasi rumah sakit yang tidak diperbarui secara real-time, sehingga pasien tidak tahu harus bertindak seperti apa.

1 Likes

Author: Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *