MallGede Technology Mobil Listrik Berlapis Panel Tenaga Matahari, Mau Isi Daya Tinggal Dijemur

Mobil Listrik Berlapis Panel Tenaga Matahari, Mau Isi Daya Tinggal Dijemur

Mobil listrik selain menawarkan bebas emisi juga konsumsi energinya yang kecil. Bayangkan jika mobil listrik hanya butuh cahaya matahari lewat solar panel sebagai sumber tenaganya, anda tak perlu memikirkan biaya listrik lagi.

Mimpi itu tampaknya akan segera terwujud setelah perusahaan mobil baru asal Jerman meluncurkan mobil listrik dengan solar panel versi pra produksi pertamanya. Mobil bernama Sion itu prototipenya sudah diperkenalkan pada tahun 2017 dan terus berkembang hingga masuk jalur produksi di akhir tahun 2019. Tadinya mobil ini siap dipasarkan di akhir tahun 2020, tapi karena kondisi pandemi jadi tertunda.

Baca Juga  Manusia Bakal Bisa Bikin Anak di Planet Mars

Mobil ini pun kembali muncul di pameran virtual CES 2021 lewat model bernama Sono. Model Sono adalah salah satu yang dipastikan akan dapat dipesan dan dimiliki oleh konsumen.

Sion Sono dilabeli harga USD 30.200 atau setara Rp 425 juta berdasarkan nilai tukar hari ini. Harga ini meningkat dari penawaran pertama saat akan masuk jalur produksi, tapi peningkatan harga itu seiring dengan peningkatan kualitas dan spesifikasinya.

Baca Juga  Ponsel China Terbakar, Garuda Indonesia Larang Kargo Semua Tipe Vivo

Hingga dapat dijual massal, Sion Sono akan terus dikembangkan. Namun, terlepas dari itu semua, mobil ini jelas menjadi kendaraan bertenaga surya pertama di dunia yang diproduksi masal.

Mobil ini tidak dilapisi cat sebagai eksteriornya, tapi sel surya. Mulai dari atap, kap mesin, pintu, dan bagian belakang ada sel suryanya. Lapisan panel surya ini dapat mengkonversi panas matahari menjadi jarak tempuh sejauh 34 km di hari cerah. Kemampuan ini tentu tergantung pada kondisi dan lokasi di mana mobil berada.

Baca Juga  Black Box Sriwijaya Air SJ182 Ditemukan!

Selain menyerap tenaga matahari, sebagai mobil listrik tentu dapat diisi pula baterainya. Baterai mobil ini dapat digunakan untuk menempuh jarak sejauh 255 km dengan satu kali pengisian penuh.

Penggerak listrik berasal dibuat oleh Continental, dengan tenaga puncak 150kW, tenaga kontinu 60kW, dan torsi 175 Nm. Kecepatan tertinggi mencapai 140 kpj.

Sion dilengkapi dengan aplikasi pendamping yang saat ini sedang dalam pengembangan. Aplikasi ini memungkinkan pemilik masuk ke kabin tanpa kunci dan mengatur berbagai konfigurasi.

1 Likes

Author: Admin

Tinggalkan Balasan