MallGede News Mutasi Virus Corona D614G Telah Masuk Kalbar Sejak Agustus

Mutasi Virus Corona D614G Telah Masuk Kalbar Sejak Agustus

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat ( Kalbar) Harisson menyebut, mutasi virus corona D614G telah masuk ke Kalbar sejak Agustus 2020 silam.

Virus corona jenis baru yang dikenal tidak ganas namun cepat menular itu, diketahui masuk melalui warga yang datang dari Jakarta melalui Bandara Internasional Supadio Pontianak.

“Virus D614G ini sebenarnya, yang selama ini dibicarakan nasional, sudah masuk ke Kalbar sejak bulan Agustus,” kata Harisson kepada wartawan, Senin (28/12/2020).

Baca Juga  Habib Rizieq, Menantu dan Dirut RS Ummi Terancam 10 Tahun Penjara

Harisson menjelaskan, varian baru virus corona ini terungkap setelah Laboratorium Untan Pontianak mengirim 11 sampel swab pasien positif Covid-19 ke Genetika Sains Indonesia. Sampel yang dikirim pada merupakan temuan bulan Agustus-November.

“Hasilnya sudah ada, dan dari analisis kita, ternyata salah satunya adalah virus D614G,” ungkap Harisson.

Baca Juga  Petani Aceh Tak Lapor Usai Pisau Babat Putuskan Tangan Perawat karena Takut

Harrison menjelaskan, varian virus corona D614G merupakan virus sama yang menyerang Surabaya, Jawa Timur,dan sekarang Yogyakarta.

Virus jenis ini berbeda dengan virus di Inggris yang bernama B117.

“Maka dari itulah kita, salah satunya memperketat bandara.Kita tidak ingin virus dari Pulau Jawa atau Inggris masuk di Kalbar,” kata Harrison.

Harisson mengakui, jumlah penularan dan pasien yang dirawat, serta kematian akibat virus corona memang menunjukkan peningkatan drastis sejak Agustus.

Baca Juga  Brimob-TNI Robohkan Plang FPI di Jl KS Tubun Petamburan

“Virus ini sebenarnya sama dengan virus corona lain, tapi protein spike-nya lebih mudah untuk terjadi penularan. Memang tidak lebih ganas, tetapi yang ada komorbid lebih mudah tertular, akibatnya banyak yang dirawat di rumah sakit dan meninggal,” jelas Harisson.

 

Artikel asli kompas

0 Likes

Author: Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *