MallGede Social Ojol Bawa Muatan Besar, Antara Terpaksa dan Pengirim yang Tega

Ojol Bawa Muatan Besar, Antara Terpaksa dan Pengirim yang Tega

Belum lama ini, viral video pengemudi ojek online (ojol) yang membawa sepeda orang dewasa menyenggol mobil. Pemilik mobil yang emosi langsung memukul pengemudi ojol di pinggir jalan.

Kondisi ini serba salah, karena sejatinya sepeda motor bukan kendaraan niaga untuk mengangkut barang. Walaupun bisa bawa barang, tapi terbatas sesuai aturan yang berlaku. Namun, si pengemudi mobil juga tidak bisa serta-merta melukai orang lain karena merupakan tindakan pidana.

Baca Juga  Motor Tabrak Pintu Mobil yang Dibuka Tiba-tiba, Penumpang Tewas di Tempat

Ketika mengendarai sepeda motor, sudah diatur ketentuan dalam membawa barang. Ketentuannya ditulis dalam Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2014 tentang Angkutan Jalan. Untuk barang bawaan, peraturannya merujuk ke pasal 10 ayat (4) dan pasal 11.

Baca Juga  Viral, Foto Perempuan Menangis Dapati Kucingnya Tinggal Kepala di Dalam Karung

Muatan pada motor memiliki lebar tidak melebihi setang kemudi dan barang muatan juga harus ditempatkan di belakang pengendara. Selain itu, tinggi barang bawaan juga tidak boleh melebihi 900 milimeter atau kurang dari satu meter dari atas tempat duduk pengemudi.

Baca Juga  Gadis Bulukumba Dilamar dengan 2 Keping Bitcoin Bernilai Rp 1,6 M: Harganya Naik Terus

Meski demikian, masih saja ada pengemudi ojol yang kedapatan membawa muatan yang besar, ukurannya jauh dari yang diperbolehkan regulasi. Padahal, tindakan tersebut dapat mempengaruhi keselamatan berkendara.

1 Likes

Author: Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *