Pakai Setelan Mirip Seragam Polisi, Satpam Merasa Lebih Pede

Pergantian warna seragam satuan pengamanan (Satpam) yang mirip dengan seragam Polisi membuat Satpam menjadi lebih pede dan bangga. Jika semula warga seragam satpam adalah putih untuk dinas pagi hari dan =biru tua untuk dinas malam hari, maka diubah menjadi warna cokelat.

Pergantian ini sesuai dengan instruksi Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, yang tertuang dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesa (Perkap) Nomor 4 tahun 2020 tentang Pengaman Swakarsa. Peraturan ini ditandatangani langsung oleh Kapolri dan sudah diundangkan sejak 5 Agustus tahun lalu.

Seragam baru ini telah digunakan Satpam di AEON Mall Jakarta Garden City sejak 1 Januari 2021. Chief Security AEON Jakarta Garden City Dadang mengatakan telah mengetahui ihwal adanya Perkap tersebut.

Baca Juga  Kantongi Rp 870 T, Bos TikTok Masuk Geng Orang Terkaya Dunia

“Kami sudah tahu tentunya, dan kita pun sudah di-training soal Perkap nomor 4 tahun 2020 soal adanya seragam yang persis kayak Polri. Cuma beda dari nama dan atributnya saja. Berlakunya di sini (AEON Jakarta Garden City) mulai per tanggal 1 januari untuk seragam baru ini,” ungkapnya saat ditemui di lokasi, Rabu (6/1/2021).

Dirinya pun merasa bangga dengan mengenakan seragam baru tersebut. Menurutnya, banyak dari pengunjung yang kaget, lantaran mengira sekarang polisi melakukan penjagaan di mal.

Baca Juga  Tukang Parkir Bakal Ditertibkan, Alfamart Ingin Parkiran Toko Gratis

“Tentunya saya sebagai chief security merasa bangga ya dengan adanya seragam baru. Karena banyak ya customer yang mengira banyak polisi sekali di AEON Mall ini. Dengan adanya seragam ini kita pun merasa lebih pede, lebih percaya diri lah,” ucapnya.

“Merasa aman dan nyaman kita ya. Kenapa karena kan untuk maling atau pelaku perilaku kejajatan akan mikir dua kali karena dia lihat oh polisi hehe gitu,” sambungnya.

Senada dengan Dadang, salah seorang satpam perempuan bernama Siska juga merasakan hal yang sama. Awal-awal menggunakan seragam ini banyak pengunjung yant bertanya bahwasanya dirinya dari satuan polisi mana. Dengan entengnya Siska menjawab bahwa dia seorang satpam di AEON Mall Jakarta Garden City.

Baca Juga  Siap-siap, Semua Sertifikat Tanah Asli Bakal Ditarik ke Kantor BPN

“Pertama kali kali dapat seragam ini sih dari diri sendiri merasa bangga ya, karena sudah bisa mendapatkan seragam seperti ini. Tentunya punya kebanggan tersendiri. Dari customer sendiri sih banyak yang bertanya ini ibunya dinas darimana? Saya bilang saja saya security di sini kak. Mungkin mereka kaget juga ya kita pakai seragam kayak polisi,” jelasnya.

2 Likes

Tinggalkan Balasan