MallGede Business Pakai Setelan Mirip Seragam Polisi, Satpam Merasa Lebih Pede

Pakai Setelan Mirip Seragam Polisi, Satpam Merasa Lebih Pede

Pergantian warna seragam satuan pengamanan (Satpam) yang mirip dengan seragam Polisi membuat Satpam menjadi lebih pede dan bangga. Jika semula warga seragam satpam adalah putih untuk dinas pagi hari dan =biru tua untuk dinas malam hari, maka diubah menjadi warna cokelat.

Pergantian ini sesuai dengan instruksi Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, yang tertuang dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesa (Perkap) Nomor 4 tahun 2020 tentang Pengaman Swakarsa. Peraturan ini ditandatangani langsung oleh Kapolri dan sudah diundangkan sejak 5 Agustus tahun lalu.

Seragam baru ini telah digunakan Satpam di AEON Mall Jakarta Garden City sejak 1 Januari 2021. Chief Security AEON Jakarta Garden City Dadang mengatakan telah mengetahui ihwal adanya Perkap tersebut.

“Kami sudah tahu tentunya, dan kita pun sudah di-training soal Perkap nomor 4 tahun 2020 soal adanya seragam yang persis kayak Polri. Cuma beda dari nama dan atributnya saja. Berlakunya di sini (AEON Jakarta Garden City) mulai per tanggal 1 januari untuk seragam baru ini,” ungkapnya saat ditemui di lokasi, Rabu (6/1/2021).

Baca Juga  Skema Pensiunan PNS Diubah dari Manfaat Pasti ke Iuran Pasti

Dirinya pun merasa bangga dengan mengenakan seragam baru tersebut. Menurutnya, banyak dari pengunjung yang kaget, lantaran mengira sekarang polisi melakukan penjagaan di mal.

“Tentunya saya sebagai chief security merasa bangga ya dengan adanya seragam baru. Karena banyak ya customer yang mengira banyak polisi sekali di AEON Mall ini. Dengan adanya seragam ini kita pun merasa lebih pede, lebih percaya diri lah,” ucapnya.

“Merasa aman dan nyaman kita ya. Kenapa karena kan untuk maling atau pelaku perilaku kejajatan akan mikir dua kali karena dia lihat oh polisi hehe gitu,” sambungnya.

Baca Juga  Jack Ma Menghilang, Harga Saham Alibaba Rontok

Senada dengan Dadang, salah seorang satpam perempuan bernama Siska juga merasakan hal yang sama. Awal-awal menggunakan seragam ini banyak pengunjung yant bertanya bahwasanya dirinya dari satuan polisi mana. Dengan entengnya Siska menjawab bahwa dia seorang satpam di AEON Mall Jakarta Garden City.

“Pertama kali kali dapat seragam ini sih dari diri sendiri merasa bangga ya, karena sudah bisa mendapatkan seragam seperti ini. Tentunya punya kebanggan tersendiri. Dari customer sendiri sih banyak yang bertanya ini ibunya dinas darimana? Saya bilang saja saya security di sini kak. Mungkin mereka kaget juga ya kita pakai seragam kayak polisi,” jelasnya.

Sekadar indormasi, dalam Perkap tersebut disebutkan ada lima jenis pakaian dinas satpam yang akan diatur. Kelima jenis pakaian dinas satpam yakni, Pakaian Dinas Harian (PDH), Pakaian Dinas Lapangan Khusus (PDL Sus), Pakaian Dinas Lapangan Satu (PDL Satu), Pakaian Sipil Harian (PSH), dan Pakaian Sipil Lengkap (PSL).

Baca Juga  Rizal Ramli: Andai Saya Jadi Presiden, Krisis Covid-19 Beres dalam Setahun

Dimana, masing-masing jenis pakaian dinas itu dibedakan antara pria dan wanita (tanpa kerudung dan berkerudung). Seragam PDH, PDL Sus, dan PDL Satu semuanya berwarna cokelat. Perkap tersebut juga mengatur topi seragam satpam untuk PDH yang mirip dengan polisi.

Bahkan, dalam perkap tersebut juga diatur pangkat untuk para satpam. Pangkat satpam nantinya dibagi menjadi tiga golongan, mulai dari manajer, supervisor, dan pelaksana.

Sebelumnya, Satpam berpedoman pada Peraturan Kepala Kepolisian Nomor 24 Tahun 2007 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Organisasi, Perusahaan dan/atau Instansi/Lembaga Pemerintah. Aturan tersebut berbeda dengan yang sekarang.

 

Artikel asli sindonews

2 Likes

Author: Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *