Paket Jenazah dari Malaysia Tertukar, Makam di Bulukumba Sulsel Dibongkar

Sebuah makam di Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), dibongkar warga.

Pembongkaran dilakukan setelah jenazah di dalamnya dipastikan telah tertukar dengan jenazah asal Batam, Kepulauan Riau.

Pembongkaran makam itu terjadi di Desa Mattoangin, Kecamatan Kajang, Bulukumba, Rabu (5/5/2021). Pembongkaran bermula dari paket kiriman jenazah dari Malaysia, tertukar.

“Jadi kejadiannya ada mayat dikirim dari Kuala Lumpur, Malaysia ke Kajang. Tapi ternyata mayatnya tertukar dengan yang di Batam, Riau,” kata kepala Desa Mattoangin, Zainuddin saat dihubungi detikcom, Kamis (6/5/ 2021).

Menurut Zainuddin, jenazah yang harusnya diterima pihak keluarga di Kajang adalah jenazah wanita. Namun pihak keluarga di Kajang tidak lagi memeriksa jenazah sebab pihak keluarga di Malaysia mengaku sudah mengkafani serta sudah mensalatkan jenazah tersebut.

Baca Juga  Tersangka AI Mengaku Lemah Iman Saat Merekayasa Babi Ngepet di Depok

“Jadi mayat itu tiba, keluarga sudah lama menunggu, terharu kedatangan almarhumah, jadi tidak ada yang memperhatikan mayat dan label, beberapa menit kemudian langsung dikebumikan (tanpa diperiksa),” papar Zainuddin.

Sementara di lain tempat, lanjut Zainuddin, ada pihak keluarga di Batam, Riau, yang juga menerima paket kiriman jenazah pria dari Malaysia. Namun mereka pun kaget sebab jenazah yang mereka terima ternyata berjenis kelamin wanita.

Baca Juga  Ibu Ini Curiga Tetangganya Babi Ngepet: Nganggur Tapi Uangnya Banyak, Endingnya Minta Maaf

“Nanti setelah kita dapat kabar mayat yang diterbangkan ke Riau, dia di sana kan pihak keluarganya belum ada apa-apa, belum juga disalatkan, belum dimandi, jadi dia kan pasti buka, nanti setelah dibuka baru tahu kenapa jenazah jadi perempuan. Di situlah keluarga di sana kaget,” jelas Zainuddin.

“Jadi nanti setelah yang di Riau itu menghubungi maskapai bahwa jenazahnya tertukar baru juga kita di sini dikasi tahu kalau jenazah yang sudah kita makamkan ternyata jenazah orang lain,” katanya.

Baca Juga  Injak Bendera Merah Putih Lalu Posting, Pria di Manado Ditangkap

Akibatnya, kata Zainuddin, pihak maskapai menjemput jenazah di Riau untuk dibawa ke Kajang. Begitu pun sebaliknya, jenazah yang telanjur dimakamkan di Kajang dibongkar lalu dibawa ke Riau.

“Jadi maskapai yang akhirnya sibuk mengurusi kemarin. Antar jenazah dan mengambil jenazah,” katanya.

Zainuddin sendiri memastikan jenazah yang diterbangkan dari Riau memang merupakan salah satu warga Kajang yang sudah puluhan tahun merantau ke Malaysia. Jenazah yang bernama Darmiang itu meninggal karena sakit di negeri Jiran sehingga dipulangkan ke Kajang.

0 Likes

Tinggalkan Balasan