MallGede News SBY : Saya Pernah Memimpin Negeri Ini, Boleh kan Berbicara

SBY : Saya Pernah Memimpin Negeri Ini, Boleh kan Berbicara

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengungkapkan pandangannya tentang peluang dan tantangan RI pada 2021. Sejumlah persoalan bangsa diulas dalam tulisan berjudul “Indonesia Tahun 2021, Peluang untuk Sukses Ada, Jangan Kita Sia-siakan” di akun Facebook miliknya.

SBY menuturkan, secara umum tantangan yang dihadapi Indonesia dialami berbagai negara di dunia, yakni pandemi Covid-19. Wabah itu menjadi tantangan global dan dampak ikutan yaitu krisis ekonomi yang memukul semua negara di dunia.

Baca Juga  Bripka CS Cekcok saat Kafe Hendak Tutup, Anggota TNI Ditembak

Menurut SBY setidaknya terdapat tiga persoalan bangsa yang harus dihadapi. Pertama, pandemi corona yang harus segera diatasi.

“Kedua, krisis ekonomi yang harus diakhiri dan kemudian ekonomi dipulihkan kembali. Ketiga, mungkin tak terkait langsung dengan dua permasalahan yang lain, yaitu melemahnya kerukunan masyarakat karena faktor identitas, politik dan ideologi yang tak boleh dibiarkan,” ujarnya, dikutip Jumat (8/1/2021).

Menurut mantan ketua umum Partai Demokrat ini, permasalahan ketiga tersebut justru lebih mendasar sifatnya. Jika diabaikan akan berdampak sangat buruk bagi kehidupan bangsa di masa depan. Kalau tidak dikelola dengan baik, disharmoni sosial ini akan membuat bangsa benar-benar terpecah dan terbelah (divided).

Baca Juga  Fadli Zon: Saya Tak Pernah Like Situs Tak Senonoh!

Di akhir tulisan tersebut, SBY menyebut dirinya pernah memimpin Indonesia. Pandangan yang disampaikan mengenai berbagai persoalan tersebut tak lebih dari sebagai orang tua yang sangat mencintai Indonesia.

“Saudara-saudara saya rakyat Indonesia tentu tahu bahwa saya pernah memimpin negeri ini. Waktu itu saya juga menghadapi berbagai permasalahan dan tantangan yang berat. Jadi, saya tahu bahwa persoalan bangsa itu kompleks dan tak semudah yang dipikirkan masyarakat. Karenanya, saya tak suka dan tak mudah menyalahkan pemerintah,” ucapnya.

Baca Juga  Anak Polisikan Ibu Kandung di Demak, Berawal dari Cekcok Soal Baju

“Sungguhpun demikian, sebagai orang tua dan juga seseorang yang sangat mencintai negeri ini, tentunya boleh kan saya berpendapat dan berbicara,” ujar politikus kelahiran Pacitan ini.

 

 

Artikel asli inews

 

 

 

3 Likes

Author: Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *