MallGede News Siswa Penghafal Ayat Suci Berpeluang Daftar PPDB Jalur Prestasi

Siswa Penghafal Ayat Suci Berpeluang Daftar PPDB Jalur Prestasi

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun ajaran 2020-2021 di Surabaya telah resmi dibuka sejak Senin (17/5).

Namun, tahun ini ada yang berbeda dari tahun sebelumnya yakni terdapat jalur prestasi bagi siswa penghafal ayat suci.
Jalur prestasi tersebut tidak hanya bagi agama Islam melainkan semua agama.

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya, Supomo mengatakan, dalam pendaftaran PPDB masih dilakukan secara online karena pandemi COVID-19 belum usai. Namun, terdapat dua hal mendasar yang mebedakan pelaksanaan PPDB tahun ini dengan sebelumnya.

Baca Juga  DPR: Warga Asing yang Datang ke Markas FPI adalah Anggota Badan Intelejen Jerman

Pertama, tidak ada penerimaan melalui jalur domisili. Hal tersebut berdasarkan Peraturan Menteri dan ditindaklanjuti dengan Perwali Surabaya.

“Kedua, dalam tahun ini penerimaan melalui jalur prestasi kami tambah untuk mengakomodir anak-anak luar biasa. Penambahannya dari mereka yang mempunyai kemampuan menghafal ayat suci. Itu salah satu pertimbangan untuk menerima siswa baru dari jalur prestasi,” kata Supomo dalam rapat koordinasi persiapan PPDB di Balai Kota, Kamis (20/5/2021).

Baca Juga  Habib Rizieq, Menantu dan Dirut RS Ummi Terancam 10 Tahun Penjara

Sementara untuk membantu wali murid yang mengalami kesulitan mendaftar, Dispendik telah menyiapkan 20 nomor call center. Pihaknya menyiapkan call center untuk membantu dan melayani hingga pukul 21.00 WIB.

“Kita siapkan 20 nomor yang beroperasi hingga jam 21.00 WIB. Kita juga siapkan petugas secara offline meskipun di masa pandemi. Tapi tetap dengan protokol kesehatan ketat. Yang masuk terbatas, ada jarak, ada skat, dan alhamdulillah semua berjalan dengan baik,” jelasnya.

Supomo juga mengimbau, kepada seluruh wali murid di Surabaya agar tidak tergesa-gesa melakukan validasi data. Diharapkan orang tua tetap memperhatikan informasi yang ada di website.

Baca Juga  Guru Honorer: Pemerintah Jangan Jadikan Kami Uji Coba PPPK

“Validasi data ini kan sampai 2 Juni, waktunya juga masih lama. Jadi tetap kami ingatkan sekolah dan ke masyarakat. Intinya untuk bisa mengikuti PPDB tahun ini harus mengikuti validasi. Jadi tidak ada masyarakat yang tidak terinfo, sehingga mereka tidak melakukan validasi dan tidak bisa ke sekolah negeri,” pungkasnya.

Artikel asli detik

1 Likes

Author: Admin