Tugu Pamulang Berupa Rangka Besi dan Kubah Habiskan Dana Rp 300 Juta

Pembangunan Tugu Pamulang yang hanya berbentuk kerangka besi dan kubah di bundaran Jalan Siliwangi, Tangerang Selatan, menghabiskan dana Rp 300 Juta.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Dinas Provinsi Banten, M Tranggono menjelaskan, desain Tugu Pamulang yang berdiri saat ini dirancang tahun 2017. Kala itu, Pemerintah Provinsi Banten menganggarkan Rp 300 Juta untuk membangun tugu beserta taman yang berada di bundaran Jalan Siliwangi, Pamulang itu.

“Itu kan bukan hanya tugunya saja. Termasuk di situ ada tamannya, trotoarnya, setahu saya sekitar Rp 300 jutaan. Saya enggak tahu detailnya, saya baru akhir 2019 di sini (Dinas PUPR Banten),” kata Tranggono kepada Kompas.com, Senin (12/4/2021).

Baca Juga  Mulai Tahun Ini, Sertifikat Tanah Tak Lagi Berbentuk Kertas Fisik

Awalnya, tugu itu mau dibuat mirip dengan Tugu Banten Lama. Namun, anggaran yang disediakan itu dianggap kurang mencukupi untuk membentuk miniatur Tugu Banten Lama.

Alhasil, kata Tranggono, bentuk Tugu Pamulang yang sudah direncanakan itu dibuat lebih simpel, menyesuaikan anggaran yang sudah ditetapkan.

“Iya memang minimalis. Karena kan (terkendala) biayanya kan juga kalau dibuat besar gitu, mewah gitu,” kata Tranggono.

Baca Juga  Fakta-fakta Uang Baru Pecahan Rp 75.000 Sisa 7,5 Juta Lembar

Tranggono memastikan bahwa bentuk Tugu Pamulang yang berdiri saat ini sudah sesuai dengan rancangan awal.

Sementara desain Tugu Pamulang yang beredar di media sosial belakangan ini merupakan rancangan terbaru setelah Pemerintah Kota Tangerang Selatan meminta perubahan bentuk pada tahun 2019.

“Setelah selesai itu ada permintaan, saya enggak tahu detail, katanya dari Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Pada prinsipnya minta untuk di-review lagi. Minta untuk direvitalisasi,” tutur Tranggono.

Menurut dia, Pemerintah Provinsi Banten sudah sempat membahas revitalisasi tugu di Jalan Siliwangi tersebut. Namun, pembahasan tersebut kemudian terhenti. Desain dan anggaran untuk revitalisasi tugu tersebut pun belum sempat disepakati sampai saat ini.

Baca Juga  Kapok Ketipu Spring Bed Abal-abal, Warga Pekalongan Minta Pabrik Ditutup

“Belum disepakati. Karena takutnya kalau kita tetapkan, kami bangun, takutnya enggak sesuai lagi,” ungkapnya.

Tugu Pamulang yang menjadi salah satu ikon lanskap Kota Tangerang Selatan di Jalan Siliwangi mendadak viral di media sosial. Sebuah akun di Instagram membandingkan tugu yang sudah jadi itu dengan sebuah gambar yang disebut sebagai desain awal tugu itu. Antara keduanya tampak berbeda jauh.

3 Likes

Tinggalkan Balasan