MallGede Technology Uji Coba Meredupkan Matahari Ditunda Karena Bahaya

Uji Coba Meredupkan Matahari Ditunda Karena Bahaya

Upaya meredupkan Matahari dengan menciptakan semacam penghalang bagi sinarnya merupakan ide untuk mengurangi dampak perubahan iklim yang didukung oleh Bill Gates. Akan tetapi karena bahayanya dipandang tinggi, uji coba yang awalnya direncanakan berlangsung tahun ini tertunda.

Dilansir dari Popular Mechanics, Jumat (16/4/2021) Gates dan beberapa donor swasta mendukung proyek Universitas Harvard tersebut dalam rangka memblokir cahaya Matahari sebelum dapat mencapai permukaan Bumi. Hal ini dipandang berguna andai di masa depan, pemanasan global semakin parah.

Baca Juga  Black Box Sriwijaya Air SJ182 Ditemukan!

Dinamakan Stratospheric Controlled Perturbation Experiment, rencananya di bulan Juni uji coba pertama berlangsung di Swedia, untuk mengetahui apakah metode peneliti berhasil sesuai teori. Inti gagasan ini adalah memantulkan kembali cahaya Matahari ke angkasa dengan bahan kimia.

Baca Juga  Penumpang Pesawat Masa Depan Duduk di Sayap

Dalam eksperimen ini, volume kecil bahan kimia aerosol akan dibawa oleh balon dan disebar di langit pada lokasi yang spesifik. Namun Harvard telah mengumumkan penundaan untuk memastikan lagi bagaimana dampak yang mungkin terjadi pada area uji coba secara lebih detail.

Baca Juga  Matahari Buatan Korea Selatan Menyala Lebih Lama, Catat Rekor Dunia Baru

Balon yang dapat terbang tinggi itu awalnya direncanakan meluncur dari Esrange Space Station di Kiruna, Swedia. Gunanya untuk memastikan apakah bisa dilangsungkan uji coba menghalangi Matahari dalam skala yang lebih besar.

3 Likes

Author: Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *