MallGede News Viral Deklarasi Tentara Allah di Bandung Barat

Viral Deklarasi Tentara Allah di Bandung Barat

Beredar di media sosial video sekelompok warga yang merupakan jemaah masjid di Kampung Sasak Bubur, Desa Mekarmukti, Kecamatan Bandung Barat (KBB) mendeklarasikan pembentukan Jundullah atau Tentara Allah.

Dalam video berdurasi 2,51 menit itu, terlihat pimpinan jemaah berdiri di tengah dalam balutan gamis putih mengucapkan deklarasi pembentukan jemaah Tentara Allah dibarengi jemaah yang lain.

Pimpinan jemaah yang diketahui bernama Erwan Sa’ad itu membacakan kalimat deklarasi di sebuah masjid yang memiliki latar berwarna hijau. Ada beberapa orang jemaah yang di antaranya masih anak-anak.

Deklarasi yang dibacakan Erwam Sa’ad berbunyi ‘Deklarasi pembentukan Jundullah atau tentara Allah. Bahwa pada hari ini Jumat 1 Januari 2021 di Masjid Allah Sawah, Sasak Bubur, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, KBB dibentuk suatu jemaah yang diberi nama Jundullah atau Tentara Allah dengan penanggungjawab Erwan Sa’and. Untuk bersama-sama Insya Allah berjuang membuktikan Al Quran surat ke 42 ayat 13 dan Al Quran surat ke 47 ayat ke 7 dengan semua komponen kaum muslimin dimana pun mereka berada’.

Baca Juga  Keluarga Laskar FPI Tewas Gugat Kapolda soal Penangkapan

Merujuk pada apa yang disampaikan dalam deklarasi tersebut, Surat ke 42 dalam Al Quran yakni Asy Syura. Sementara ayat ke 13 surat Asy Syura berbunyi “Dia (Allah) telah mensyariatkan kepadamu agama yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu (Muhammad) dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa yaitu tegakkanlah agama (keimanan dan ketakwaan) dan janganlah kamu berpecah belah di dalamnya”.

Sementara surat ke 47 dalam Al Quran yakni Surat Muhammad, yang ayat ke 7 berbunyi “Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu”.

Baca Juga  Dibubarkan Pemerintah, FPI Berencana Ganti Nama

Saat detikcom coba menyambangi lokasi deklarasi, Erwan Sa’ad yang di wilayah RW 03 Desa Mekarmukti dikenal sebagai ustad, sedang tidak ada di tempat.

Ketua RW 03 Supiyandani mengatakan dirinya sama sekali tak mengetahui jika ada kegiatan deklarasi pembentukan Jundullah atau Tentara Allah yang dilakukan warga sekaligus jemaah masjid di wilayahnya.

“Jujur saya enggak tahu ada deklarasi semacam itu. Karena ya memang tidak ada pemberitahuan ke pengurus RT dan RW. Jadi kalau mau jelasnya deklarasi itu tujuannya apa, harus ke Ustad Erwan,” ungkap Supiyandani kepada detikcom, Senin (4/1/2021).

Baca Juga  Komnas HAM Sebut Laskar FPI Menikmati saat Adu Tembak dengan Polisi

Supiyandani mengatakan Erwan Sa’ad yang memimpin deklarasi memang memiliki jemaah masjid di wilayahnya. Namun yang bersangkutan sendiri tidak berdomisili di Kampung Sasak Bubur.

“Sebetulnya mereka ini ya jemaah masjid biasa, yang kegiatannya pengajian. Tapi memang kalau pengurus jarang komunikasi juga dengan mereka. Enggak aneh-aneh juga selama ini,” katanya.

Deklarasi yang dilakukan di masjid itu juga melanggar protokol kesehatan karena jemaah tidak menjaga jarak dan banyak yang tidak mengenakan masker.

“Sebetulnya hal itu sangat disayangkan. Padahal kami terus mengingatkan agar disiplin menerapkan prokes. Kalaupun ada acara keagamaan seharusnya lapor dulu ke RT dan RW, nanti ada rekomendasi ke desa. Tapi yang deklarasi itu sama sekali enggak ada,” tegasnya

Artikel asli detik

1 Likes

Author: Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *